Dinkes KTT Lakukan Pemeriksaan dan Pembinaan Kesehatan Calon Jemaah Haji

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Jalankan Permenkes RI Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kesehatan Jemaah haji. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tana Tidung (KTT) melakukan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan terhadap calon jemaah haji asal KTT.

Kabid Pencegahan Penyakit Dinkes KTT, Hana Yuniar mengatakan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan terhadap Calon Jemaah Haji (CJH) merupakan kegiatan rutin yang harus dilalui oleh setiap calon haji agar lolos sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Rangkaian kegiatan ibadah haji sangat banyak ya, jadi kita juga harus bisa mempersiapkan kondisi fisik dan mental terbaik para CJH, agar nantinya benar-benar siap menjalankan ibadah haji,” kata Hana, Kamis, 23 Maret 2023.

Hana mengungkapkan, nantinya kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan ini akan rutin dilakukan, bahkan saat mendekati hari keberangkatan para CJH. Semua pemeriksaan dan pembinaan itu dilakukan secara bertahap, agar para CJH dapat benar-benar dikatakan dalam kondisi terbaik untuk beribadah haji.

“Yang kita hindari para CJH nantinya akan jatuh saat saat menjelang keberangkatan atau saat sudah berada di Mekkah. Makanya hal ini akan kita lakukan, bahkan sesaat sebelum mereka berangkat. Lalu pada kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan kali ini, dari total 16 peserta haji ada sekitar 13 orang yang baru mengikuti kegiatan ini,” terangnya.

Selain itu tujuan dari adanya pemeriksaan dan pembinaan kesehatan ini sekaligus mendeteksi kesehatan para CJH, lalu memberikan hasilnya agar penyakit yang ada dapat diminimalisir.

“Jadi jika memang memiliki riwayat penyakit, maka kita langsung mengetahuinya dan memberikan obat dan saran agar bisa kembali sehat dan tidak bermasalah saat mau berangkat ibadah haji,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *