Vamelia Ibrahim : Sarpras PAUD Mampu Kuatkan Pondasi Pendidikan

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Bangun pondasi pembangunan melalui dunia pendidikan, Bunda PAUD Kabupaten Tana Tidung (KTT) Vamelia Ibrahim optimis sarana prasarana PAUD yang baik dapat meningkatkan perkembangan belajar anak.

Menurut wanita yang akrab disapa Vamelia itu, peningkatan belajar anak jika dilakukan sejak PAUD dapat menambah tumbuh kembang anak agar lebih siap saat memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD).

“PAUD itu sangat penting, karena merupakan pondasi anak untuk bersekolah. Sehingga kita juga harus mencari tahu apa kebutuhan sekolah PAUD yang ada di KTT ini,” kata Vamelia, Sabtu 11 Juni 2022.

Baca Juga :  Viral Caleg Protes Jumlah Perolehan Suaranya di KTT, Bawaslu Kaltara Minta Buat Laporan dan Bukti

Selama menjalankan tugasnya sebagai Bunda PAUD KTT, Vamelia menyebut perkembangan teknologi yang ada saat ini juga harus dapat diterapkan dalam PAUD. Tujuannya agar dapat melatih anak-anak tidak Gagap Teknologi (Gaptek) sejak dini.

“Minimal kita menyediakan laptop ke guru maupun anak PAUD-nya, termasuk perangkat kebutuhan lainnya dan saya yakin jika hal ini dilakukan sejak PAUD, kita pasti dapat mengurangi angka tinggal kelas di SD,” ujarnya.

Baca Juga :  Viral Caleg Protes Jumlah Perolehan Suaranya di KTT, Bawaslu Kaltara Minta Buat Laporan dan Bukti

Menurutnya saat ini Bunda PAUD KTT, bersama Pemkab Tana Tidung dan Dinas Pendidikan (Disdik) Tana Tidung, telah mengupayakan terwujudnya PAUD yang modern di KTT. Salah satu langkahnya yakni menyediakan kebutuhan laptop di sekokah-sekokah PAUD.

“Kita sudah membuat program Satu PAUD Satu Laptop. Laptop telah diberikan kepada 35 PAUD. Sisanya 3 PAUD yang akan diberikan tahun ini. Saya berharap laptop ini juga dimanfaatkan dalam proses pembelajaran” imbuhnya.

Program lainnya yang ia canangkan yakni Satu Desa Satu PAUD. Setiap desa, lanjut Vamelia, harus memiliki PAUD sehingga setiap anak dapat terlayani sebelum memasuki pendidikan dasar.

Baca Juga :  Viral Caleg Protes Jumlah Perolehan Suaranya di KTT, Bawaslu Kaltara Minta Buat Laporan dan Bukti

“Desa Tideng Pale ini telah memiliki 8 PAUD. Maka fokusnya pada peningkatan kualitas. PAUD yang berkualitas bukan hanya memiliki sarana yang layak, tetapi proses belajar yang baik, bermitra dengan orang tua, tata kelola yang baik, dan kebutuhan esensial anak terpenuhi” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *