Vamelia Ibrahim Ingin Semua Anak dapat Hak yang Sama Masuk PAUD Berkualitas

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Ciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sedini mungkin, Bunda PAUD Kabupaten Tana Tidung(KTT) Vamelia Ibrahim ingin setiap anak PAUD memiliki hak yang sama dalam menjenjang pendidikan PAUD yang berkualitas.

Hal itu ia sampaikan saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Akreditasi PAUD dan PNF, di Kantor Dinas Pendidikan(Disdik) Tana Tidung, Kamis 12 Mei 2022.

“Tidak hanya ada perkotaan saja, tapi anak-anak Desa dengan semua kalangan ekonomi, berhak untuk mendapatkan pendidikan PAUD yang berkualitas,” kata Vamelia.

Vamelia mengatakan dalam melakukan upaya percepatan atau akselerasi peningkatan akses PAUD berkualitas, dirinya ingin mengajak semua pihak agar dapat terlibat dalam perencanaan itu. Pasalnya, saat ini tidak semua anak yang masuk ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) pernah mengikuti PAUD sebelumnya.

“Kembang tumbuh anak tentu akan berbeda jika masuk ke jenjang PAUD terlebih dahulu, makanya baik guru dan orang tua memiliki peranan penting untuk mewujudkan anak PAUD berkualitas ini,” ujarnya.

“Dan hal ini bukan saya yang bilang, tapi Ini hasil studi Kemendikbud Ristek tahun lalu. Tentunya kondisi ini dapat menjadi tantangan dalam menjalankan misi pertama Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas” sambungnya.

Tak hanya itu, Vamelia juga mendorong PAUD Berkualitas harus terdiri dari kualitas proses pembelajaran, kemitraan dengan orang tua, pemenuhan kebutuhan esensial anak, dan kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya di satuan PAUD.

“Kualitas satuan PAUD ini juga dapat dilihat dari akreditasi. Saat ini baru 39% yang mencapai nilai minimal baik. Akreditasi saat ini dilaksanakan menggunakan aplikasi. Saya sudah memprogramkan Satu PAUD Satu Laptop. Di awal tahun telah diserahkan kepada 35 PAUD. Yang belum, kita berikan tahun ini juga. Kita harapkan perangkat teknologi ini digunakan untuk menyukseskan proses penilaian mutu PAUD melalui akreditasi ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *