Pemindahan Ibukota Bulungan ke Tanjung Palas harus Sejalan dengan DOB Tanjung Selor

TANJUNG SELOR – Setelah Provinsi Kaltara terbentuk. maka pusat pemerintahan Kaltara saat ini berada di Kecamatan Tanjung Selor. Hal itu bersama dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan. Melihat kondisi itu, maka rencananya ada pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan ke Kecamatan Tanjung Palas.

“Terkait pemekaran Tanjung Selor menjadi kota dan pemindahan Ibukota Bulungan ke Tanjung Palas, itu berjalan paralel,” ucap Bupati Bulungan, Syarwani kepada benuanta.co.id, Jumat 26 Februari 2021.

Baca Juga :  Gercep! Bupati Syarwani Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Long Beluah 

Dia menuturkan, hal itu harus diperjuangankan. Sebab jika Tanjung Selor cepat dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), maka juga perlu dipikirkan bersama bagaimana pemindahan ibukota Bulungan ke Tanjung Palas. “Itu proses ya, kalau saya mengalir saja,” jelasnya.

Syarwani sebagai putra daerah Bulungan mengatakan, saat ini DOB masih dikunci dengan moratorium oleh pemerintah pusat. Sehingga DOB ini tidak dapat dilakukan dengan mudah. Hal itu terlihat pemekaran desa yang masih sulit padahal salah satu menuju DOB adanya desa yang dimekarkan.

Baca Juga :  Perlu Parhatian Khusus, 50 Jammah Haji Bulungan dalam Resiko Tinggi 

“Namun yang ada di depan mata kita hari ini, yang tidak bisa kita hindari adalah menghadapi Covid-19,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2728 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *