SOA Penumpang dan Barang Terlaksana dengan Baik

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kalimantan Utara (Kaltara) memastikan pelaksanaan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) terlaksana dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltara, Hasriyani. Ia mengatakan pelaksanaan SOA dilakukan agar masyarakat dapat menikmati harga barang yang tidak jauh berbeda dengan wilayah lain yang ada di Kaltara.

Pihaknya akan tetap tetap mengatur regulasi dan bagaimana keuntungannya, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari program SOA sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara yakni Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera.

Baca Juga :  Kembangkan UMKM Kaltara lewat Sosialisasi Pembiayaan

“Harapan kami pelaksanaan SOA tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan dengan baik, jangan sampai SOA dilaksanakan tapi keluhan harga cukup jauh jadi ibarat tidak ada manfaatnya SOA,” jelasnya.

Terkait anggaran 10 rute pelayanan SOA penumpang dan sebaran bandara yaitu dari Malinau, Tanjung Selor dan Tarakan dengan anggaran SOA Penumpang sebesar Rp 8.954.139.000. 10 rute tersebut ialah  Tanjung Selor – Mahak Baru, Tanjung Selor – Long Ampung, Tanjung Selor – Long Alango, Tanjung Selor – Long Bawan, Tanjung Selor – Data Dian.  Dari rute penerbangan Tarakan – Long Bawan, Tarakan – Long Ampung, kemudian Malinau – Long Bawan, Malinau – Long Layu, Malinau – Binuang.

Baca Juga :  Program Akurasi Dampingi dan Pembinaan UKM

Sedangkan anggaran SOA Barang atau Kargo mendapat dialokasikan sebesar Rp 9.619.381.500. Terdapat beberapa  lokasi di Kabupaten Nunukan untuk SOA barang atau kargo yakni daerah Krayan, daerah Lumbis dan Seimenggaris. Tak hanya itu saja, di Kabupaten Malinau pun ada beberapa tempat SOA barang maupun kargo seperti Pujungan, Bahau Hulu, Mentarang Hulu, Sungai Tubu, Long Ampung dan daerah Apau Kayan.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Sosialisasi SIINas ke Pelaku Industri di Tarakan

“Harapan kami dalam pelaksanaan SOA ini, apa yang kita ini bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di perbatasan, jadi bisa menikmati harga jual atau harga barang yang tidak jauh dari harga barang yang ada di perkotaan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2452 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *