NasDem Keluarkan Rekomendasi ke Zainal Paliwang-Ingkong Ala Maju di Pilkada Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) resmi mengusung Zainal Arifin Paliwang berpasangan dengan Ingkong Ala untuk menjadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub), pada November 2024 mendatang.

Rekomendasi tersebut jatuh ke tangan Zainal Arifin Paliwang dan diserahkan langsung oleh Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem, Willy Aditya didampingi oleh Sekretaris DPW Partai Nasdem Kaltara, Supa’ad Hadianto di Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024.

Sekretaris Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kaltara, Supa’ad Hadianto mengatakan, sebelum turunnya rekomendasi dari pusat, Zainal telah mengikuti keseluruhan proses pendaftaran di DPW Partai Nasdem Kaltara.

Baca Juga :  Meraba Program Tapera di Kaltara

“Dari proses ini kita pleno di tingkat DPW, kemudian di tingkat DPP. Lalu yang punya kewenangan sepenuhnya yaitu DPP. Saya hanya mendampingi beliau (Zainal) memfasilitasi bertemu ketua umum,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2024).

REKOMENDASI: Zainal A Paliwang didampingi Sekretaris Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kaltara, Supa’ad saat menerima rekomendasi partai yang diserahkan Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem, Willy Aditya. (ISTIMEWA)

Dilanjutkan Supa’ad, setelah bertemu Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh, langsung memerintahkan kepada Tim Bappilu untuk mengeluarkan rekomendasi pada hari ini. Menurutnya, proses turunnya rekomendasi dari DPP Partai Nasdem untuk Zainal dinilai tak membutuhkan waktu yang lama.

“Setelah pertemuan beberapa jam, pak ketum (Surya Paloh) langsung memerintahkan Sekretaris Bappilu untuk memproses semua rekomendasinya,” lanjutnya.

Baca Juga :  Meraba Program Tapera di Kaltara

Pemberian rekomendasi ini ditegaskannya berbeda dengan partai lainnya. Partai Nasdem sendiri hanya mengeluarkan satu kali rekomendasi terhadap satu bakal calon yang akan bertarung di daerahnya.

“Insyaallah fix (Zainal) yang diusung. Tinggal menunggu Agustus nanti untuk SK B1-KWK-nya,” tegas Supa’ad.

Selama memfasilitasi Zainal bertemu dengan Ketum DPP Partai Nasdem, pihaknya tak mengetahui secara pasti pertimbangan yang diambil sebelum mantap menunjuk Zainal bertarung kembali di Pilkada Kaltara. Namun yang pasti, DPW Partai Nasdem Kaltara hanya memfasilitasi Zainal Arifin Paliwang untuk bertemu dengan pimpinan Partai Nasdem pusat.

“Saya rasa saya hanya menjalankan perintah partai saja. Saya diminta untuk ketemu Pak Zainal artinya itu clue, kalau Partai Nasdem pusat akan mengusung beliau,” tuturnya.

Baca Juga :  Meraba Program Tapera di Kaltara

Meski telah resmi mengusung Zainal, pihaknya memberikan kesempatan agar Zainal mampu membangun koalisi partai untuk memenangkan Pilgub Kaltara. Setelah terdapat gerbong koalisi yang cukup, pihaknya akan berkoordinasi untuk melakukan rapat koalisi. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1919 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *