Polling Pilgub Kaltara Juni 2024, Zainal Paliwang Ungguli Yansen dan Andi Sulaiman

MENUJU Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Utara (Kaltara) tahun 2024, benuanta.co.id, kembali menyajikan informasi bursa Calon Gubernur (Cagub) Kaltara sebagai referensi bagi masyarakat.

Bursa Cagub Kaltara ini dikemas lewat Polling Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029, yang setiap bulannya di-update untuk mengetahui siapa sosok yang paling populer di kalangan masyarakat Bumi Benuanta, sematan lain Provinsi Kaltara.

Dari beberapa figur yang diusulkan masyarakat, benuanta.co.id merangkum 3 nama dengan voter terbanyak selama Juni 2024 (2.213 votes)

  1. Zainal A Paliwang (50.11%)
Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang. (DOK: BENUANTA)

Sosok gubernur petahana ini masih konsisten berada di puncak polling selama 4 edisi berturut-turut, terhitung sejak Maret hingga Juni 2024. Pada polling edisi Juni 2024, Zainal Arifin Paliwang yang telah menunjukan sinyal akan berpasangan dengan Ingkong Ala di Pilgub Kaltara itu mengantongi 1.109 votes dari total 2.213 votes. Secara statistik, pundi-pundi pemilih Zainal Arifin Paliwang (ZAP) terus melesat dibandingkan polling edisi Mei sebanyak 38.57 persen.

Derasnya dukungan masyarakat untuk kembali memimpin Kaltara, Zainal A Paliwang sendiri juga masif melakukan komunikasi ke sejumlah partai politik untuk membangun koalisi. Seperti PAN, Golkar, PKB, Gerindra, Demokrat, NasDem, Hanura dan beberapa partai politik lainnya. Termasuk mendapat dukungan 8 partai non parlemen hingga tokoh adat dan masyarakat.

  1. Yansen TP (40,62%)
Yansen Tipa Padan. (FOTO: ISTIMEWA)

Di urutan kedua, ada nama Yansen Tipa Padan (YTP). Pada polling edisi Juni, Ketua DPD Demokrat Kaltara ini meraup 899 votes. Angka ini jauh berada di bawah Zainal A Paliwang dengan selisih 1.314 votes.  Secara persentase total voter yang memilih YTP sebesar 40,62 persen.

  1. Andi Sulaiman (7,05%)
Andi Sulaiman. (DOK: BENUANTA)

Nama Andi Sulaiman masuk dalam jajaran polling pembaca benuanta.co.id, dengan jumlah 156 votes. Jumlah votes Andi Sulaiman selisih 2.057 suara dengan Zainal A Paliwang. Sedangkan dengan Yansen TP selisih 743 votes.

Sekadar informasi, bursa Cagub Kaltara yang dikemas benuanta.co.id, setiap bulannya di-update untuk mengetahui siapa sosok yang paling populer di kalangan masyarakat.

Para pembaca setia benuanta.co.id juga dapat mengusulkan nama calon pemimpin kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Kaltara yang Anda inginkan melalui Email : redaksibenuanta@gmail.com atau melalui WhatsApp admin benuanta.co.id : 0813-3885-3377. Ayo klik figur yang kamu inginkan memimpin daerah mu nanti dengan cara mengunjungi website: https://benuanta.co.id (*)

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2630 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *