DPKP Kaltara Mulai Salurkan Bantuan Alat Pertanian Secara Bertahap

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mulai alokasikan bantuan alat pertanian kepada Kelompok tani di setiap daerah yang ada di Provinsi Kaltara.

Bantuan alat pertanian ini terdiri dari dua jenis bantuan, ada bantuan langsung dari Kementan RI dan bantuan langsung dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara yang dialokasikan melakui DPKP Kaltara.

“Kalau dari bantuan pusat itu dialokasikan langsung ke DPKP daerah secara langsung, tidak melalui provinsi. Karena kalau provinsi adalagi bantuan tersendirinya,” Kata Kabid Sarana Prasarana (PSP) DPKP Kaltara, Ramadani pada, Ahad (2/6/2024).

Dari bantuan kementerian sendiri ada 5 unit handtraktor yang sudah dialokasikan kepada kelompok tani di Kabupaten Bulungan, sedangkan untuk kelompok tani daerah lainnya masih menunggu giliran.

“Kalau bantuan pusat biasanya semua daerah pasti dapat, hanya saja harus bertahap sehingga baru Bulungan yang menerima dan daerah lainnya masih berproses,” ujarnya.

Meski demikian ada juga bantuan alat pertanian yang sudah dialokasikan langsung oleh DPKP Kaltara berupa 4 unit cultivator. Di mana 4 unit cultivator sudah dialokasikan ke 4 daerah yang ada di Provinsi Kaltara.

“Kota Tararakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau dan Nunukam masing-masing satu uni cultivator dan tentu kita berharap bantuan itu bisa bermanfaat bagi kelompol tani yang menerimanya,” terangnya.

Dalam prosesnya baik bantuan pusat dan provinsi akan dialokasikan secara bertahap, sehingga Ramadani pun menyampaikan agar kelompok tani lainnya tidak berkecil hati dan menunggu bantuan lainnya untuk teralokasikan.

“Dalam satu satu penganggaran pasti pendistribusian bantuannya juga berjalan bertahap dan saat ini kita juga sudah membuka lelang kegiatan pengairan untuk membantu kelompok tani di Desa Karang Agung, Kabupaten Bulungan,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1937 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *