Seleksi PPPK Tahun 2024 Prioritaskan Tenaga Honor dan Eks THK II  

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), tegaskan penerimaan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 akan prioritaskan tenaga honorer dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II.

Plt Kepala BKD Kaltara Andi Amriampa mengatakan, prioritas tersebut berdasarkan intruksi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Kemenpan RB menegaskan untuk formasi PPPK 2024 akan diisi oleh tenaga honorer dan eks THK II yang telah masuk basis data BKN. Jadi kita harus ikut intruksi itu, makanya kita mendorong agar tenaga honorer kita bisa memanfaatkan kesempatan ini karena kementerian juga telah meemberikan ruang kepada mereka,” kata Andi, Kamis (30/5/2024).

Di Provinsi Kaltara sendiri sudah membuka 1.403 formasi untuk PPPK, jumlah ini tentunya jauh lebih banyak dibandingkan di tahun 2023 lalu yang hanya 108 formasi saja untuk PPPK.

“Peningkatannya bukan lagi 100 persen tapi seribu persen lebih dan jumlah ini merupakan angin segar bagi kita untuk menambah kebutuhan tenaga ASN kita di lingkungan Pemprov yang masih sangat kurang,” ujarnya.

Meski jumlah formasi di tahun 2024 ini sebenarnya juga masih kurang, jika dikalkulasikan dengan jumlah kebutuhan tenaga ASN Pemprov Kaltara yang bisa mencapai 7.000-an.

Namun terbukanya  1.403 formasi PPPK di Kaltara pada tahun 2024 ini juga menjadi sinyal positif bagi Pemprov ataupun tenaga honorer. Mengingat pada tahun-tahun sebelumnya tes penerimaan CASN sempat mengalami penurunan.

“Artinya pemerintah pusat juga merespon kebutuhan ASN kita yang ada di daerah, dan tentu kita turut mengapresiasi hal itu karena momentum ini sangat ditunggu oleh semua tenaga honorer kita,” jelasnya.

“Kita juga pastikan seleksi ini nantinya akan berjalan ketat dan transparan seperti tahun-tahun sebelumnya, jadi para tenaga honorer kita juga harus mempersiapkan diri agar dapat lulua seleksi PPPK tahun 2024,” pungkasnya. (adv)  

Reporter : Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1993 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *