Wow! Nilai Investasi Kaltara Triwulan I 2024 Tembus Rp 7,7 Triliun

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Realisasi investasi triwulan I tahun 2024 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mencapai angka Rp 7,7 triliun atau 22 persen dari nilai target tahun 2024. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu, di mana realisasi investasi triwulan I tahun 2023 hanya Rp 3,61 triliun.

Hal menjadi angin segar bagi Provinsi Kaltara yang semakin dilirik oleh investor untuk berinvestasi di berbagai sektor untuk membantu pertumbuhan ekonomi Kaltara.

“Setiap investasi yang masuk di Kaltara tentu akan berdampak juga pada pertumbuhan ekonomi kita, karena akan ada perputaran uang yang terjadi. Sehingga angka di triwulan I akan menjadi evaluasi kita agar nilai realisasi investasi terus meningkat,” kata Penata Kelola Ahli Muda DPMPTSP Kaltara, Rahman Putrayani, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga :  Investasi Desalinasi di Kaltara Dinilai akan Bantu PDAM

Rahman sendiri mengungkapkan di tahun 2024 ini, Pemprov Kaltara diberikan target pemerintah pusat mendapatkan realisasi investasi sebesar Rp 35,33 triliun. Sehingga dengan adanya nilai realisasi sebesar Rp 7,7 triliun di triwulan ke I tahun 2024, Pemprov Kaltara sudah mendapatkan 22 persen dari realisasi target akhir tahun.

“Artinya kita masih kurang Rp 27 triliun lagi dan jika dilihat dari proyeksi 3 triwulan ke depan kita tentu sangat optimis dapat memenuhi target realisasi investasi sebesar Rp 35,33 triliun,” ungkapnya.

Baca Juga :  Investasi Desalinasi di Kaltara Dinilai akan Bantu PDAM

Diakui Rahman, kinerja realisasi investasi yang berlangsung di triwulan I 2024 sudah cukup bagus. Hal ini belum ditambah dengan sejumlah proyek yang dilirik investor. Salah satunya pembangunan infrastruktur yang juga masuk dalam perencanaan pemerintah provinsi.

“Beberapa infrastruktur yang sesuai planning kita telah dilirik investor. Seperti Pelabuhan Manjuaring di Bulungan, kawasan industri perikanan dan pelabuhan di Tarakan, serta lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Investasi Desalinasi di Kaltara Dinilai akan Bantu PDAM

Pada rencana pembangunan Pelabuhan Manjuaring, DPMPTSP Kaltara telah menyusun dokumen Investment Project Ready to Offer (IPRO). “IPRO sudah kita susun dan tawarkan ke calon investor dari Polandia. Nilainya cukup besar, InsyaAllah mereka akan tindaklanjuti di bulan Agustus ini,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1927 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *