Nama Dispar Kaltara Dicatut Penipuan, Perangkat Desa Diminta Waspada

benuanta.co.id, NUNUKAN – Penipuan dari oknum tak bertanggung jawab yang mengatasnamakan nama instansi pemerintah kembali terjadi di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Modusnya dengan berpura-pura melakukan transfer lebih lalu minta uang dikembalikan.

Modus oknum itu mengatasnamakan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kaltara dengan cara mengirim pesan singkat melalui WhatsApp akan berkunjung ke desa wisata dan telah melakukan transfer namun karena uang yang ditransfer berlebih sehingga meminta untuk dikembalikan.

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

Analis Kebijakan Ahli Muda Dispar Provinsi Kaltara, Elsy membenarkan adanya modus penipuan yang mencatut Dispar Kaltara.

Setidaknya ada empat desa yang telah dihubungi pelaku penipuan tersebut. Di antaranya Desa Sekaduyun Taka, Desa Ardimulyo, Desa Tanjung Karang dan Desa Mamasin yang sudah melapor.

“Mereka mengkonfirmasi apakah betul ada rencana Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara akan berkunjung. Saya jawab tidak ada kegiatan maupun untuk berkunjung,” jelasnya.

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

Kata Elsy, pelaku yang mengirim pesan itu terlihat mencurigakan lantaran mengatasnamakan nomenklatur dinas pariwisata dan kebudayaan provinsi. Sedangkan di Kaltara, dinas pariwisata dan kebudayaan merupakan dinas yang berbeda.

WASPADA: Modus pesan singkat penipuan mengatasnamkan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara. (FOTO: ISTIMEWA)

Menghindari kejadian serupa terulang kembali, Dispar Kaltara meminta kepada dinas pariwisata kabupaten/kota di Kaltara untuk memberikan informasi kepada pengelola desa wisata agar lebih waspada dan selau kroscek terlebih dahulu.

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

“Tetap hati-hati dan sering berkoordinasi,” tutupnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1929 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *