Kolaborasi Bersama BUPK, DPKP Kaltara Gelar Program B2SA Goes To School

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dukung perkembangan gizi anak dan cegah adanya stunting diusia Pelajar, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) gelar program Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Goes To School.

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Badan Urusan Pangan Nasional (BUPK) bersama DPKP Provinsi Kaltara di mana nantinya kegiatan ini akan diselenggarakan disetiap satuan pendidikan di tingkat SMP dan SD.

“Kegiatan ini sebenarnya telah berlangsung sejak tiga tahun terakhir dan sudah banyak multiplier effect yang dihadirkan seperti menjaga gizi anak agar tetap sehat dan memakmurkan petani lokal kita,” kata Kepala DPKP Kaltara Heri Rudiono pada Senin, 20 Mei 2024.

Selama berjalan kegiatan ini akan menyasar 10 sekolahan yang tersebar di lima Kabupaten/Kota dan untuk Kabupaten Bulungan sendiri ada dua sekolah yakni SMP 1 Tanjung Selor dan SDN 001 Tanjung Selor.

“Untuk anggaran yang sediakan sebesar Rp 15 Juta per sekolah, jadi porsi anggarannya sudah ada tinggal kita jalankan ke Sekolah-sekolah. Kegiatan ini juga menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga tidak memberatkan APBD kita dan tentunya gubernur kita sangat mendukung kegiatan ini,” terangnya.

Dalam lanjutannya, Heri sapaannya menambahkan kegiatan ini nantinya akan dilakukan ke semua Sekolah yang sudah terdata disetiap Kabupaten dan Kota yang ada di Kaltara. Oleh karena itu ia berharap agar kegiatan ini juga dapat mencegah kasus stunting di sekolah yakni dengan memperhatikan gizi anak.

“Tentunya ada kriteria untuk Sekolah yang kita sasar tapi selama 3 tahun berjalan kita menganti sekolah-sekolah sasaran artinya semuanya bergiliran. Kita berharap agar ke depannya tidak ada lagi kasus anaak sekolah yang kekurangan gizi di Kaltara, sehingga lanjutan kegiatan ini juga harus ada dari Pemerintah Daerah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1926 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *