Investor Asal Polandia dan Kanada Tertarik Berinvestasi di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Gubernur Kaltara terus membawa dampak yang baik bagi daerah di bidang investasi. Di antaranya menghadirkan investor luar negeri untuk membangun Kaltara menjadi provinsi yang maju dan sejahtera, ke depannya.

Terdekat, investor dari Polandia dan Kanada akan berkunjung ke Kaltara yang dijadwalkan mengunjungi beberapa wilayah untuk melakukan pembangunan pada Agustus mendatang. Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang turut membenarkan hal itu, menurutnya hampir seluruh wilayah di Provinsi Kaltara menjadi objek pengembangan investasi karena masih banyak yang bisa dimanfaatkan tentunya dengan memperhatikan kondisi alam dan Sumber Daya Manusia.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Buka Ruang ke Malaysia untuk Investasi Sektor Kesehatan

“Sumber Daya Alam Kaltara yang masih asrih harus dirawat agar percepatan pembangunan tidak mengganggu keseimbangan ekosistem,” kata Gubernur Kaltara Selasa, 14 Mei 2024.

Disebutkannya investor melirik berbagai sektor seperti pembangunan pelabuhan perikanan, industri migas, penguatan jalur distribusi Liquefied Natural Gas (LNG), hingga melirik pengembangan ekosistem Electrical Vehicle (EV) atau biasa disebut mobil listrik.

“Jika investasi ini nantinya berjalan lancar maka percepatan pembangunan wilayah perbatasan juga akan semakin cepat terbangun, dan kita semakin sukses juga mencapai target realisasi investasi pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga :  Investasi Desalinasi Cukup Menjanjikan di Kaltara

Sementara itu Penata kelola Ahli Muda Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltara, Rahman Putrayani mengatakan guna menunjukan keseriusan realisasi investasi tersebut.

“Rencananya di bulan Agustus mereka akan datang kesini, kita pun akan mempersiapkan lokasi-lokasi yang hendak akan ditinjau,” ujar Rahman.

Selain mempersiapkan investasi pembangunan, Pemprov Kaltara juga mempersiapkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam hal ini, Pemprov Kaltara telah melakukan kunjungan ke lokasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) milik PT. Shamrock Management Energy di Kabupaten Badung untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kaltara agar siap bersaing di level industri mancanegara.

Baca Juga :  Investasi Desalinasi Cukup Menjanjikan di Kaltara

“Jadi semua sudah kita siapkan, artinya Pemprov tidak hanya terfokus kepada investasi saja tapi juga mengupayakan investasi ini bisa menyerap tenaga lokal untuk bekerja,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *