Disdikbud Kaltara Gelar Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kegiatan Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk satuan pendidikan SMA dan SMK Negeri/Swasta diikuti puluhan guru di Kabupaten Bulungan yang berlangsung di Gedung Gadis pada Selasa, (30/4/2024).

Kepala UPTD TIK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Khairunisa Maharani mengatakan saat ini kegiatan TIK masih diikuti guru SMA dan SMK negeri maupun swasta. Tak hanya itu, kata dia nantinya akan ada pelatihan TIK untuk guru jenjang pendidikan khusus atau SLB, yang akan di lakukan di lima kabupaten kota akan mendapatkan pelatihan TIK.

“Nanti yang melatih dari duta teknologi Kaltara, jadi manfaatnya supaya guru-guru ini bisa memanfaatkan teknologi dari akun Belajar.id yang juga sekaligus bisa mengakses rapot pendidikan dan aplikasi yang dicanangkan oleh kementrian Kemendikbud melalui kurikulum merdeka,” ucap Khairunisa Maharani.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Uji Coba Website PPDB 2024

Adapun untuk kurikulum merdeka saat ini kata Khairunisa Maharani, pada intinya tujuannya bagaimana cara belajar mengajar bisa menjadi menyenangkan, dan tidak hanya membaca buku.

Saat ini kata dia, metode pembelajaran juga berbeda seperti menggunakan metode aplikasi canva, dan aplikasi video.

“Nantinya akan lebih interaktif, hanya saja kita masih terkendala dengan akun belajar.id ke siswa, sebentar ketika siswa itu pindah, siswa akan miliki akun belajar.id baru. Jadi Akun Belajar.id itu persiswa, guru, kepala sekolah dan juga pengawas sehingga kita mengharapkan semua jenjang bisa memanfaatkan,” jelasnya.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Uji Coba Website PPDB 2024

Di dalam akun belajar.id juga nantinya kata dia, memiliki macam fitur sehingga mudah untuk diakses, jadi guru itu bisa memaafkan hal itu dengan baik.

Penggunaan Akun Belajar.id di tahun lalu sempat rendah, namun diakhir tahun naik 97,7 persen hanya saja penggunaan akun belajar.id di kalangan siswa masih rendah.

Adapun tujuan dari kegiatan ini kata dia adalah dengan memanfaatkan teknologi, informasi dan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran satuan pendidikan dan meningkatkan konektivitas antar layanan pembelajaran.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Uji Coba Website PPDB 2024

“Dengan mengikuti kegiatan TIK seluruh peserta diharapakan dapat mengakses keberbagai aplikasi untuk mendukung aktivitas belajar diantaranya google meet, rapot pendidikan, google drive, google classroom, tanyabos, rumah belajar dan lain-lain,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *