Genjot Pemerataan Ketahanan Daerah lewat Produksi Hasil Pertanian

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terus mengupayakan ketersediaan dan ketahanan pangan lokal dapat berjalan secara merata di semua kabupaten dan kota yang ada di Kaltara.

Menurut Kepala DPKP Kaltara Heri Rudiono, pemerataan ketahanan pangan di setiap daerah dapat berjalan merata jika mengutakan produktivitas unggul pertaniannya.

“Misalnya di Bulungan lebih dominan dengan padi maka harus digencarkan produktivitasnya atau di Nunukan lebih dominan sayurnya. Intinya bentuk konektivias ketersediaan hasil pangan harus berjalan baik dengan mensuport produksi pangan unggulan daerah,” kata Heri, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga :  DPKP Kaltara Bakal Bina Masyarakat Berdayakan Limbah Kelapa Sawit

Salah satu cara DPKP Kaltara dalam mensuport kekuatan pangan Kaltara yaitu dengan memberikan bantuan benih padi, bibit hingga membuka sekolah lapang pertanian untuk petani pemula.

“Kita berharap ketahanan pangan kita semakin kuat dengan adanya program bantuan seperti ini, artinya petani tidak hanya sekadar kita dorong untuk produktif saja tapi juga kita dukung kebutuhannya. Hasilnya selama beberapa tahun kebelakang ini, kebutuhan pangan kita dari luar daerah sudah mulai berkurang, khususnya padi yang sudah bisa kita produksi sendiri,” terangnya.

Baca Juga :  Tambahan Pupuk Subsidi ke Petani Diupayakan Dialokasikan Tahun Ini

Ia menambahkan, salah satu program ketahanan pangan yang akan diprioritaskan di tahun 2024 ini yakni membantu petani untuk membuka lahan pertanian baru dan mengelolah lahan pasif menjadi lahan produktif pertanian.

“Semua sudah kita jalankan dan menunggu hasilnya saja, bahkan petani yang ingin membuka lahan pertanian baru juga akan kita bantu asal siap bertani,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  Tambahan Pupuk Subsidi ke Petani Diupayakan Dialokasikan Tahun Ini

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2725 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *