DPRD Kaltara Kunker Bahas Koordinasi Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tarakan. Kunker tersebut dalam rangka konsultasi dan kordinasi terkait Ranperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Kaltara Yancong, mengatakan pendidikan wawasan kebangsaan bisa diartikan sebagai upaya menanamkan dan meningkatkan cara pandang bangsa Indonesia. Baik dari sisi pemahaman, rasa, ataupun semangat tentang diri dan lingkungannya agar mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan Undang-Undang Dasar.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

“Keberadaan wawasan kebangsaan dan Pancasila sebagai tonggak penting dalam persatuan dan kesatuan bangsa karena mengandung nilai-nilai yang merupakan manisfestasi dari UUD NKRI Tahun 1945 dan Pancasila. Dari nilai-nilai tersebut dijadikan sebagai dasar pondasi dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Yancong, Kamis (25/4/2024).

Kata Yancong, dari wawasan kebangsaan akan membantu generasi muda mengetahui tentang sejarah dan budaya negara mereka, menghargai perbedaan, serta mengembangkan sikap nasionalisme. Pertama, wawasan kebangsaan akan membantu generasi muda mengetahui detail tentang sejarah dan budaya bangsa mereka.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

Adapun tujuan dari pendidikan kebangsaan adalah untuk membina wawasan kebangsaan warga negara. Wawasan kebangsaan dapat diperoleh melalui pembelajaran di sekolah seperti pelajaran PPKN, sejarah, seni budaya, dan kegiatan gerakan Pramuka. (adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *