Refleksi Hari Kartini Momentum Tingkatkan Kesetaraan Gender  

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April menjadi hari bersejarah dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

Momen ini juga dirasakan salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Utara (Kaltara), dari kalangan wanita yaitu Ainun Farida.

Ainun mengatakan, wanita dari semua kangan dan kasata harus bebas dari kebodohan, bebas dari tekanan bebas dari himpitan ekonomi dan wanita Indonesia haruss mampu berdiri di atas kakinya sendiri.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

“Ya berabad yang lalu wanita Indonesia berbeda seperti sekarang. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu dengan semangat ibu kita Kartini, wanita Indonesia khususnya di Kaltara sudah mampu sejajar dengan kaum laki-laki,” ucapnya, Rabu (24/4/2024).

Meski dibatasi kodrat, kata Ainun, para wanita yang juga berstatus sebagai istri dan ibu sangat hebat. Dengan semangat Kartini, perempuan harus diajak untuk terus mengembangkan diri, memperluas ilmu pengetahuan.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

Ia menilai, wanita juga harus terus meningkatkan kemampuan agar mampu menaklukkan beragam tantangan yang ada di setiap perkembangan zaman.

“Kita bersyukur dengan semangat ibu kita Kartini telah mengubah paradikma perempuan tidak perlu pintar cukup di dapur saja,” katanya.

Ia juga mengajak seluruh wanita di Tanah Air, khususnya di Bumi Benuanta agar saling menginspirasi dan mendukung satu sama lain dalam mencapai setiap mimpi dan cita-cita. (adv)

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2947 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *