Dukung Penuh Pemanfaatan SDM Lokal untuk Lapangan Kerja

benuanta.co.id, TARAKAN – Banyaknya investasi besar di Kalimantan Utara (Kaltara) menandakan pemerintah provinsi menyediakan lapangan pekerjaan bagi sumber daya lokal. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara turut mendukung proyeksi-proyeksi besar di Kaltara.

Dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Kaltara, Syamsuddin Arfah proyek strategis yang ada di Kaltara diantaranya KIPI di Tanah Kuning, beberapa PLTA dan Pabrik Kertas yang ada di Kota Tarakan. Pihaknya juga telah mencanangkan program peningkatan sumber daya manusia (SDM) lokal untuk mengikuti fasilitas peningkatan skill yang sudah disediakan pemerintah.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

“Mitra kita seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kemudian fasilitas bahasa, baik Bahasa Inggris maupun Bahasa Mandarin. Itu ada anggarannya semua,” katanya, Kamis (18/4/2024).

Ia melanjutkan keseluruhan anggaran tersebut sudah dianggarkan ke instansi yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM. Saat ini yang terpenting, anggaran tersebut dijalankan dengan tepat sasaran.

Anggaran yang dialokasikan pun diharapkan dapat merealisasikan program pemerintah dalam peningkatan SDM.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

“Saya mengasistensi anggaran-anggaran tersebut terhadap mitra komisi kita, menyesuaikan bahasa misalnya itu ada anggarannya di Dinas Pendidikan,” lanjutnya.

Selain bahasa, terdapat pula program peningkatan berupa skill agar nantinya SDM lokal mampu bersaing di lapangan kerja. Dilanjutkan Syamsuddin Arfah, juga terdapat regulasi daerah untuk tetap memberdayakan tenaga lokal perihal lapangan pekerjaan.

“Kan kemarin sudah ada Perdanya untuk membentuk perda inisiatif untuk tenaga lokal, sekarang sedang disusun. Proyeksi ke depan itu SMK kita tingkatkan, bahasa maupun skill,” pungkas politisi PKS tersebut.(adv)

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2947 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *