RKPD Bahas Pemantapan Industri dan Perdagangan Komoditas Unggulan Daerah

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tahun 2025 dengan tema pemantapan industri dan perdagangan komoditas unggulan daerah telah dilaksanakan Kamis, (17/4/2024)

kegiatan ini dihadiri Sekertaris Daerah (Sekprov) Suriansyah, Pelaksana Harian (Plh) Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kaltara, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Provinsi Kaltara.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kaltara, Bertius mengatakan, konsultasi publik ini merupakan bagian proses penyusunan RKPD sebagai wadah untuk menjaring aspirasi dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan.

Baca Juga :  Bapedda-Litbang Sosialisasikan Enggang Kaltara Project

Adapun terkait dengan tema tersebut sejalan dengan rumusan arah kebijakan pembangunan dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kaltara tahun 2021-2026 dengan menetapkan 3 fokus pembangunan pada 3 sub tema.

“Pertama meningkatkan produktivitas peternakan, perkebunan, tanaman pangan, hortikultura dan kelautan perikanan, serta pengembangan wisata,” sebutnya

Lanjut yang kedua, mengembangkan hilirisasi SDA unggulan yang mendukung pertumbuhan industri hijau berkelanjutan, ketiga mengembangkan daya saing SDM yang inklusif dan berkelanjutan, serta meningkatkan perlindungan sosial yang adaptif.

Baca Juga :  Bidik Perdaganggan Karbon, Pelaku Industri di Kaltara Didorong Lakukan Kegiatan Ramah Lingkungan

Dengan ketiga sub tema tersebut, ia meminta para peserta yang hadir berpartisipasi agar dapat membahas bersama, untuk melihat kondisi saat ini dan keselarasan dengan RKPD tahun 2025 dapat disusun secara maksimal dan menjadi katalisator bagi penyusunan RJPMD periode 2025-2029.

“Saya mengharapkan keaktifan kita semua dalam memberikan informasi, data, saran dan masukan bagi penyempurnaan rancangan RKPD Provinsi Kaltara 2025,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  Bidik Perdaganggan Karbon, Pelaku Industri di Kaltara Didorong Lakukan Kegiatan Ramah Lingkungan

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *