Jelang Lebaran Pelabuhan Tengkayu I Mulai Dibanjiri Penumpang

Jelang Lebaran Pelabuhan Tengkayu I Mulai Dibanjiri Penumpang

benuanta.co.id, TARAKAN – H-5 menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Pelabuhan Tengkayu I Tarakan terpantau mulai dibanjiri penggunaan jasa speedboat.

Meskipun puncak lonjakan penumpang diprediksi akan terjadi pada H-4 sampai di H-1 lebaran, tetapi pada Jumat (5/4) pelabuhan Tengkayu I sudah mulai dipadati penumpang.

Kepala Satgas Bantuan Operasional, AKP Taharman, mengungkapkan pihaknya beserta stakeholder terkait tetap melakukan pemantauan dan pemeriksaan kepada penumpang dan armada yang beroperasi.

“Polairud juga ada sama-sama lakukan pemeriksaan sebelum speedboat berangkat pengecekan kelengkapan life jacket dan muatan penumpang juga,” ujarnya.

Baca Juga :  Soal Guru Honorer, Pj Walikota Sampaikan Solusi dan Kordinasi ke Kemendikbud

Ia menegaskan penumpang yang berangkat tidak boleh over kapasitas dan harus sesuai dengan manifest yang ada. Selain itu semua stakeholder terkait yang ada di posko akan turut memantau.

Terpantau armada mulai ada peningkatan penumpang meskipun ada juga beberapa armada tidak begitu full. Dari standar kapasitas juga belum ada terlihat yang melebihi muatan.

“Saya sampaikan ke personel setiap speedboat mau berangkat, dari agen dilibatkan bahwa semua penumpang turun ke armada harus sesuai dengan manifest terdaftar. Kalau melebihi daripada jumlah kursi tidak boleh lagi dimuat, dan dialihkan ke pemberangkatan selanjutnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kejari Tarakan Musnahkan Barang Bukti dari 77 Perkara Inkrah

Pada Operasi Ketupat Kayan terdapat enam personel Ditpolairudp Polda Kaltara yang dikerahkan untuk melakukan pengawasan arus mudik lebaran tahun 2024.

Operasi Ketupat Kayan terdiri dari Satgas Banop di antaranya terdiri dari subsatgas, Sub Satgas Polairud, Subsatagastik, Subsatgas Propam, Subsatgas Dokkes.

“Kami sifatnya mem-back up teman-teman di wilayah, dari Polres Tarakan, rekan-rekan kita untuk subsatgas Polairud kami menempatkan 5 personel di sini. Pantauan kami mulai memantau terhitung kemarin pukul 00.00 WITA sampai hari ini terpantau lancar, relatif ramai namun belum terlalu padat,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Komisi III DPRD Tarakan Soroti Permasalahan Sampah

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2646 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *