Dorong Percepatan Investasi Air di Kota Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Dalam rangka percepatan realisasi investasi di sektor air bersih, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara) gelar audensi bersama dengan DPMPTSP Kota Tarakan.

Adanya audensi ini bertujuan untuk percepatan realisasi investasi disektor air bersih agar kedepannya Kota Tarakan siap mendukung penyediaan air bersih baik untuk industri skala kecil dan masyarakat awam.

Saat dikonfirmasi Penata Kelola Penanaman Modal, Ahli Muda, Rahman Putrayani, DPMPTSP Provinsi Kaltara mengatakan kegiatan audiensi ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam rangka menyambut investasi di sektor penyediaan air bersih di kota Tarakan, khususnya untuk mendukung kebutuhan industri kecil maupun besar yang akan masuk nantinya.

Baca Juga :  DPMPTSP Kaltara Bakal Berikan Jaminan Investasi dan Penggunaan Tenaga Lokal

“Saat ini Tarakan merupakan salah satu daerah tujuan investasi besar di Kaltara, oleh karenanya kita harus mampu menyiapkan kebutuhan infrastruktur dasar dulu, seperti air bersih, listrik, jaringan komunikasi dan akses konektivitas lainnya,”kata pria yang akrab disapa Rahman, Sabtu 06 April 2024.

Ia membeberkan saat ini sudah ada 2 calon investor yang menyatakan diri siap berinvestasi di Kaltara. Dimana dua investor ini dibeberkan Rahman siap untuk menggunakan teknologi tinggi yakni diselinasi air asin ke air tawar untuk ketersediaan air bersih jangka panjang.

“Untuk investasi ini kami arahkan ke dua titik yakni Kota Tarakan dan Kab. Nunukan. Pasalnya untuk dua wilayah ini sudah kita sounding kan ke kepala DPMPTSP nya masing – masing, dan mereka sangat mendukung,” ujarnya.

Baca Juga :  Wow! Nilai Investasi Kaltara Triwulan I 2024 Tembus Rp 7,7 Triliun

Adanya investasi air bersih ini dianggap DPMPTSP Kaltara sangatlah penting sebagai penopang kebutuhan investasi lainnya. Dimana kedepannya Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan akan bergerak menuju industri olahan rumput laut, textile batik, pengolahan ikan dan pengembangan kawasan industri pariwisata. Yang mana semua itu sangat membutuhkan ketersediaan air bersih.

“Jadi, konsep investasi kita harus dimulai pada pemenuhan infrastruktur dasar dulu, baru investasi besar yang berbasis komoditi dan lain sebagainya, sehingga korelasi antar investasi ini akan saling berkesinambungan,” imbuhnya.

Di sisi lain, kepala DPMPTSP Tarakan, Sugeng mengaku sangat menyambut baik rencana investasi air bersih ini.

Baca Juga :  DPMPTSP Kaltara Bakal Berikan Jaminan Investasi dan Penggunaan Tenaga Lokal

Ia menegaskan pihaknya akan segera menyiapkan segala data yang dibutuhkan untuk memudahkan calon investor, kemudian akan segera berkoordinasi dengan Pj Walikota dan stakeholder terkait.

“intinya kami sangat menyambut baik rencana investasi ini, karena sangat sesuai kebutuhan kota Tarakan, kami juga berterima kasih kepada Pemprov melalui DPMPTSP sudah membantu pembangunan di Tarakan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *