Optimis Investor Tertarik Sektor Pariwisata Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Manfaatkan kegiatan Pameran Wisata Internasional/Bay Area Travel and Adventure Show 2024, di San Fransisco beberapa waktu yang lalu untuk promosi investasi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) optimis tahun 2024 ini investasi pariwisata Kaltara bisa meningkat pesat.

Diungkapkan oleh Kepala DPMPTSP Kaltara Ferry Ferdinad Bohoh bahwa Kaltara memiliki potensi dan peluang yang besar di berbagai sektor, khususnya Pariwisata.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

Dimana sektor pariwisata Kaltara saat ini sudah memasuki tahap pengembangan seiring dengan lokasi-lokasi strategis yang ada di wilayah sekitaran pariwisata.

Baca Juga :  Kabupaten Nunukan Diproyeksikan jadi Daerah yang Dapat Dibangun Solar Farm

“Contoh sektor wisata Pantai Tanah Kuning yang saat ini sudah menjadi Desa Wisata Nasional dan berada dekat dengan kawasan KIHI, tentunya ini merupakan peluang kita dalam mengembangkan sektor pariwisata kita,” kata Pria yang akrab disapa Ferdinand pada Selasa 02 April 2024.

Menurutnya, Kaltara memiliki letak geografis yang sangat strategis yang didukung pula oleh alur laut kepulauan Indonesia 2 (ALKI II) di kawasan pasifik. Hal ini menjadikan Kaltara pusat pengembangan ekonomi baru ASEAN dengan dibangunnya kawasan industri hijau terbesar di dunia seluas 30.000 Ha.

Baca Juga :  Kabupaten Nunukan Diproyeksikan jadi Daerah yang Dapat Dibangun Solar Farm

Dimana Kaltara sedang menuju hilirisasi untuk menjadi provinsi maju dalam waktu 5-10 tahun ke depan. “Dalam beberapa tahun terakhir Kaltara sedang fokus membangun sektor Energi, pangan, infrastruktur dan lainnya untuk para investor,” lanjutnya lagi.

“Sehingga ditahun ini kita juga akan fokus ke Sektor Pariwisata. Apalagi Kaltara ini juga dikenal sebagai paru-paru dunia yang memiliki sektor wisata yang banyak dan kita optimis kalau investor juga alan tertarik dengan sektor pariwisata Kaltara,” tegasnya.

Selain itu, Ferdinand menambahkan Kaltara memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan melalui kerja sama atau investasi dengan Amerika Serikat, salah satu potensi itu adalah ekowisata yang dimiliki Kaltara pada Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) yang merupakan Heart of Borneo dengan luas mencapai 1,3 juta Ha di kabupaten Bulungan, Malinau dan Nunukan.

Baca Juga :  Kabupaten Nunukan Diproyeksikan jadi Daerah yang Dapat Dibangun Solar Farm

Selain itu, untuk menarik wisatawan mancanegara (Wisman) kita juga menawarkan calender of event pesta budaya IRAU yang diselenggarakan setiap tahun di seluruh kab/kota yang ada di Kaltara.

“Bisa dikatakan Kaltara sudah memiliki modal untuk ditawarkan kepada para investor dan peluang ini harus kita tawarkan kepada para investor yang ingin berinvestasi disektor pariwisata Kaltara,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *