Tahun Ini Dispar Kaltara Wacanakan Penambahan Pemandu Wisata

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan melakukan penambahan pemandu wisata. Mengingat, jumlah pemandu saat ini masih dinilai kurang.

Kepala Dispar Provinsi Kaltara, Njau Anau mengatakan, selama ini kebutuhan pemandu wisata hanya mengandalkan duta wisata yang statusnya juga tidak tetap.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1892 votes

“Itupun sebenarnya masih kurang karena pada umumnya pemandu wisata hanya bisa memandu 4 sampai 5 Wisman saja dan itu juga kalau Wisman asingnya punya perjalanan wisata yang sama,” kata Njau Anau pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Rekomendasikan Destinasi Wisata Ini Berdasarkan Keunikannya

Njau membeberkan tahun ini pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Kemenkarekraf RI untuk merekrut pemandu Wisman Kaltara.

“Artinya jika dilakukan bersama pihak kementrian maka kita dapat memberikan sertifikat kepada para pemandu Wisata, sebagai bukti kalau mereka sudah profesional,” lanjutnya lagi.

“Dan tentu kita juga ingin setiap pemandu wisata kita bisa menjadi pekerja tetap, seiring dengan bertambahnya jumlah Wisman asing kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Prediksikan Kunjungan Wisman Meningkat Libur Lebaran

Disisi lain Njau Anau mengklaim dengan bertambahnya jumlah Pemandu wisatawan, maka hal itu juga akan berdampak terhadap pengurangan angka pengangguran yang ada di Kaltara.

“Ada banyak dampak positif dari hal ini, apalagi kita juga haru menyiapkan translator untuk WNA yang bekerja di KIHI. Sehingga hal ini pun kita upayakan dapat dilakukan tahun ini juga,” pungkasnya.(adv)

Baca Juga :  Dispar Kaltara Rekomendasikan Destinasi Wisata Ini Berdasarkan Keunikannya

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *