Diduga Bakar Sampah, Api Meluas Lahap Lahan 5,8 Hektare di Jalan Pembangunan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karthula) kembali terjadi di Jalan Pembangunan Kabupaten Nunukan. Lahan yang diperkirakan 5,8 hektare habis terbakar, Selasa siang (27/2).

Kepala Sub Bidang Informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Basir menuturkan kejadian tersebut terjadi sekira pukul 11.27 Wita.

“Lahan yang terbakar ini posisinya dipinggir Jalan, lahannya ini bukan kebun tapi hanya ilalang dan pohon-pohon liat,” kata Basir kepada benuanta.co.id, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga :  Belajar Budaya Tidung di Nunukan akan Dibawa ke Malaysia

Diterangkannya, dari informasi yang didapatkan kebakaran tersebut terjadi lantaran ada yang membakar sampah di sekitar lokasi.

“Informasi yang kami dapat karena ada yang bakar sampah, karena kondisi kemarau dan panas terik apinya langsung menjalar,” ungkapnya.

Basir mengatakan, untuk melakukan proses pemadaman api, pihaknya dibantu oleh personel TNI-Polri, KPH, dan PMK. Sementara itu, proses pemadaman dan pendinginan dilakukan hingga pukul 14.47 Wita.

“Karena panas terik, jadi apinya ini cepat sekali menjalar saat di tiup oleh angin. Selain menggunakan unit pemadam kebakaran, personel juga melakukan pemadaman api dengan cara manual,” jelasnya.

Baca Juga :  Kisah Asal Usul Kampung Atap Sembakung

Sementara itu, Basir mengatakan jika saat ini pihaknya belum mengetahui siapa pemilik dari lahan yang terbakar tersebut.

“Total lahan yang terbakar sekira 5,8 hektare,” terangnya.

Tak henti-hentinya, Basir menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa menyebabkan Karthula. Hal ini lantaran Nunukan sedang dilanda musim kemarau, sehingga api akan begitu cepat menyambar.

Baca Juga :  Tak Betah Kerja di Malaysia, PMI Ini Kabur Lewat Jalur Darat Perbatasan Krayan

“Kita imbau jangan membuka lahan dengan cara di bakar, kemudian jangan membuang puntung rokok sembarangan, dan jangan membakar sampah di dekat lahan,” imbaunya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2641 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *