Awal Maret Unit Layanan Paspor di Sebatik Beroperasi

benuanta.co.id, NUNUKAN – Unit Layanan Paspor (ULP) di Pulau Sebatik dipastikan akan siap melayani masyarakat di awal Maret 2024 mendatang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan, Ryan Aditya mengatakan, lantaran melihat antusias masyarakat Sebatik dalam mengurus dokumen keimigrasian cukup tinggi sehingga pihaknya memutuskan untuk membuka ULP di Sebatik.

“Kita lagi proses persiapan, kita targetkan awal Maret ini sudah berjalan,” ujar Ryan kepada benuanta.co.id, Sabtu (17/2/2024).

Ryan mengungkapkan, ULP Sebatik ini nantinya akan melayani seluruh permohonan dan perpanjangan dokumen paspor.

Baca Juga :  Kisah Asal Usul Kampung Atap Sembakung

Selain untuk mempermudah pelayanan, Ryan mengatakan jika dengan dibentuknya ULP di Sebatik, masyarakat di sana tidak perlu membuang ongkos yang banyak lagi untuk menyeberang ke Nunukan.

“Jadi semua pelayanan akan dilakukan di Sebatik. Jadi masyarakat tidak perlu lagi buang ongkos jauh-jauh hanya datang ke Nunukan membuat paspor. Karena pertimbangannya juga banyak kalau ke Nunukan, kalau dokumen persyaratannya lengkap mungkin lancar-lancar saja, tapi kalau tidak lengkap pasti harus kembali lagi ke Sebatik untuk melengkapi baru ke kantor lagi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Iraw Ajang Pererat Silaturahmi Suku Tidung di Empat Serumpun

Namun, untuk penerbitan dokumen fisik paspornya masih akan dicetak di Nunukan. Di mana, jika untuk Nunukan proses pencetakan membutuhkan waktu selama tiga hari. Namun, untuk ULP Sebatik nantinya diprediksi memakan waktu hingga tujuh hari. Namun masyarakat akan tetap mengambil paspor tersebut di ULP Sebatik.

“Tentunya penyediaan ULP ini juga tidak terlepas masukan dan dorongan dari Pemkab Nunukan serta tokoh masyarakat Sebatik untuk meminimalisir masuknya warga Sebatik ke Malaysia tanpa disertai dokumen Keimigrasian yang resmi,” tandasnya.(*)

Baca Juga :  Mantan Bendahara RSUD Nunukan jadi Tersangka Korupsi  

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2669 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *