Awal Maret Unit Layanan Paspor di Sebatik Beroperasi

benuanta.co.id, NUNUKAN – Unit Layanan Paspor (ULP) di Pulau Sebatik dipastikan akan siap melayani masyarakat di awal Maret 2024 mendatang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan, Ryan Aditya mengatakan, lantaran melihat antusias masyarakat Sebatik dalam mengurus dokumen keimigrasian cukup tinggi sehingga pihaknya memutuskan untuk membuka ULP di Sebatik.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

“Kita lagi proses persiapan, kita targetkan awal Maret ini sudah berjalan,” ujar Ryan kepada benuanta.co.id, Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga :  Bawa Penumpang Dua Long Boat Tabrakan di Laut Sebatik 

Ryan mengungkapkan, ULP Sebatik ini nantinya akan melayani seluruh permohonan dan perpanjangan dokumen paspor.

Selain untuk mempermudah pelayanan, Ryan mengatakan jika dengan dibentuknya ULP di Sebatik, masyarakat di sana tidak perlu membuang ongkos yang banyak lagi untuk menyeberang ke Nunukan.

“Jadi semua pelayanan akan dilakukan di Sebatik. Jadi masyarakat tidak perlu lagi buang ongkos jauh-jauh hanya datang ke Nunukan membuat paspor. Karena pertimbangannya juga banyak kalau ke Nunukan, kalau dokumen persyaratannya lengkap mungkin lancar-lancar saja, tapi kalau tidak lengkap pasti harus kembali lagi ke Sebatik untuk melengkapi baru ke kantor lagi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pelabuhan Sei Jepun Dipadati Penumpang Berwisata ke Sebatik

Namun, untuk penerbitan dokumen fisik paspornya masih akan dicetak di Nunukan. Di mana, jika untuk Nunukan proses pencetakan membutuhkan waktu selama tiga hari. Namun, untuk ULP Sebatik nantinya diprediksi memakan waktu hingga tujuh hari. Namun masyarakat akan tetap mengambil paspor tersebut di ULP Sebatik.

“Tentunya penyediaan ULP ini juga tidak terlepas masukan dan dorongan dari Pemkab Nunukan serta tokoh masyarakat Sebatik untuk meminimalisir masuknya warga Sebatik ke Malaysia tanpa disertai dokumen Keimigrasian yang resmi,” tandasnya.(*)

Baca Juga :  Libur Lebaran, SAE Lanuka Jadi Tempat Favorit Warga Nunukan 

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *