KPU akan Pertimbangankan Cuaca dan Medan saat Distribusi Surat Suara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan menjadwalkan akan mendistribusikan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada H-3 pencoblosan.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Bulungan Lili Suryani, yang mana hal tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan salah satunya cuaca yang saat ini tidak menentu.

“H-3 sebelum pencoblosan kita distribusi mungkin sekitar 11 Febuari mendatang, itu untuk daerah yang jauh-jauh dulu kita distribusikan. Kalau untuk daerah yang dekat Tanjung Selor mungkin H-2 atau atau H-1 pencoblosan baru kita distribusikan, ke TPS,” sebutnya, Senin (15/1/2024).

Baca Juga :  DKUMMPP Bulungan Sebut Kenaikan Harga Beras Dipengaruhi Kurangnya Pasokan

Adapun untuk daerah atau kecamatan yang pendistribusian logistik dilakukan pada H-3 itu rencananya seperti Bunyu, Peso, Peso Hilir, Sekatak dan Tanjung Palas Timur. Sedangkan untuk daerah yang dekat-dekat seperti Tanjung Palas akan didistribusikan pada H-2 pencoblosan.

“Kalau Tanjung Selor Hilir ini memang tidak diberikan gudang, jadi mereka langsung di gudang logistik KPU Bulungan ini,” jelasnya.

Lili menjelaskan, pertimbangan kondisi cuaca ini menjadi atensi karena ditakutkan pada saat proses pendistribusian logistik nanti terjadi hujan dan lain sebagainya. Artinya, kendala-kendala teknis seperti itu juga tentu menjadi atensi pihaknya.

Baca Juga :  RS Abdul Rais Fattah Layani Pasien BPJS

Saat ini proses sortir dan lipat surat suara sudah selesai dilakukan. Meski telah selesai dilakukan pelipatan, namun harus dilakukan rekap agar diketahui jumlah surat yang rusak maupun dalam kondisi baik.

“Saat ini juga kami masih menghitung kembali surat suara, meski sudah selesai dilipat,” ungkapnya.

Lanjut sejak awal datang, hingga selesai pelipatan surat suara. Bahkan saat dikemas pun untuk dilakukan pendistribusian, tetap harus dihitung. Di sisi lain, selain menyelesaikan pelipatan surat suara, KPU Bulungan juga sudah mulai merakit kotak dan mencantumkan identitas. Begitu juga dengan nama dan formulir.

Baca Juga :  Prediksi Cuaca Ekstrem yang akan Terjadi di Wilayah Kaltara 

“Targetnya di akhir bulan Januari sudah selesai semuanya dan siap didistribusikan. H-3 akan dilakukan distribusi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *