Inovasi Sipelanduk Kilat Smart, Layanan Jemput Bola Adminstrasi Masyarakat Kaltara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali memperluas penerapan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di wilayah Pedalaman dan Perbatasan (SiPelanduk Kilat Smart) dalam upaya menyentuh masyarakat di wilayah-wilayah perbatasan dan pedalaman.

Dengan layanan inovatif bebas biaya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kaltara ini, masyarakat pedalaman dan perbatasan diharapkan lebih mudah memperoleh pelayanan administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil.

Baca Juga :  Bantuan PKH Beri Dampak Positif

“Jadi, SiPelanduk Kilat itu adalah rumah besarnya, terus kita lakukan pengembangan. Salah satu inovasi yang terakhir kita buat yakni SiPelanduk ke sekolah,” ucap Kepala Disdukcapil Provinsi Kaltara, Sanusi kepada benuanta.co.id, Senin, 15 Januari 2024.

Dia melanjutkan, masyarakat dapat memanfaatkan beberapa layanan seperti Penjelajah SiPelanduk Kilat yang diperuntukkan bagi warga yang rentan dan dapat dilayani langsung di rumah. Kemudian SiPelanduk Kilat Terpadu yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama dalam sidang isbat, penerbitan buku nikah, dan dokumen lainnya.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TP2DD Wilayah Kalimantan Utara

“Dengan SiPelanduk Kilat Smart ini, masyarakat di wilayah perbatasan dan pedalaman Kaltara bisa langsung berurusan dengan Disdukcapil tanpa perlu repot mendapatkan layanan administrasi kependudukan,” paparnya.

Sanusi menjelaskan jika Sipelanduk Kilat Smart adalah bentuk keseriusan Pemprov Kaltara dalam menjangkau masyarakat dengan jemput bola.

“Sejak tahun 2022 lalu sudah kita terapkan Dukcapil ke sekolah. Itu efektif karena mencapai target 100 persen lebih dari target yang diberikan Kemendagri untuk perekaman,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Intensitas Hujan Semakin Tinggi, BPBD Himbau Masyarakat Lakukan Mitigasi Bencana

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2649 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *