Sektor Potensial Kaltara Jadi Prioritas dalam Peningkatan Investasi

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Promosi sektor potensial berperan penting bagi pertumbuhan nilai investasi Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Hal inilah yang terus ditingkatkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltara.

Diterangkan Kepala DPMPTSP Kaltara, Ferry Ferdinand Bohoh salah satu bentuk upaya yang dilakukan DPMPTSP ialah melakukan promosi ke segala sektor potensial yang ada di Kaltara.

“Baik itu sektor wisata, pertanian, pertambangan, kelautan seperti udang, ikan, rumput laut dan lainnya. Semua selalu kita promosikan karena nilai jual Kaltara terdapat pada semua sektornya yang bisa dikelolah,” kata pria yang akrab disapa Ferdinand pada Senin, 19 Desember 2023.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Buka Ruang ke Malaysia untuk Investasi Sektor Kesehatan

Ia mengungkapkan upaya promosi yang dilakukan oleh Pemprov Kaltara, tidak hanya mengandalkan Kaltara Invesment Forum (KIF) saja. Tapi juga membuka jaringan kepada daerah luar serta mempromosikannya secara online disitus resmi DPMPTSP.

Di mana hal ini, dianggap sangat efektif karena tidak hanya memperkenalkan sektor potensial Kaltara saja, tapi juga menjelaskan secara rinci hal-hal yang terkait dengan administrasinya.

“Jadi investor juga sangat mudah jika ingin berinvestasi di Kaltara, karena mereka juga terbantukan dengan urusan administrasi yang sudah terpapar, sehingga hal inilah yang membuat investor mudah memahami cara berinvestasi di Kaltara.

Baca Juga :  Investasi Desalinasi Cukup Menjanjikan di Kaltara

“Apalagi Gubernur Kaltara juga memiliki jaringan komunikasi yang luas dan banyak mengenal investor, sehingga tidak mengherankan jika nilai investasi Kaltara terus bertambah selama 3 tahun terakhir,” Jelasnya.

Kenaikan nilai investasi Kaltara saat dapat dilihat dari data tahunan yang dikeluarkan oleh DPMPTSP Kaltara. Di mana pada tahun 2021 nilai investasi di Kaltara hanya Rp3 triliun, lalu menjadi Rp9 triliun pada tahun 2022 dan naik menjadi Rp15 triliun pada tahun 2023 ini.

Baca Juga :  Investasi Desalinasi Cukup Menjanjikan di Kaltara

“Jadi dapat kita lihat dari data itu, kenaikan nilai investasi di Kaltara terus mengalami kenaikan dan diupayakan akan terus naik pada tahun 2024 mendatang,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2933 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *