Syahbandar Dirikan Posko Terpadu, Pastikan Arus Mudik dan Balik Nataru Berjalan Lancar di Pelabuhan Tunon Taka

benuanta.co.id, NUNUKAN – Untuk memastikan pelayanan arus mudik dan balik perayaan Natal dan tahun Baru (Nataru) berjalan aman dan lancar. Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Nunukan dirikan Posko Terpadu di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

Kepala KSOP Nunukan Zainal Abdul Rahman Harahap mengatakan, posko ini telah dirikan sejak (18/12/2023) lalu hingga Kamis (11/1/2024) mendatang.

“Jadi posko terpadu ini kita siapkan untuk arus mudik Nataru dan arus balik nanti,” kata Zainal kepada benuanta.co.id.

Zainal mengatakan, Posko Terpadu Nataru ini pihaknya juga telah mengandeng pemangku kepentingan yang ada di kawasan pelabuhan di antaranya, Pelindo Regional 4 Nunukan, PT Pelni, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Polsek KSKP Tunon Taka, Basarnas dan BMKG untuk ikut melakukan pelayanan di pelabuhan.

Baca Juga :  Kisah Asal Usul Kampung Atap Sembakung

Dikatakannya, posko terpadu tersebut berdasarkan instruksi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI terkait pelaksanaan Nataru.

“Makanya kita turut melibatkan instansi-instansi terkait termasuk Basarnas, karena kita mengantisipasi juga hal-hal yang tidak diinginkan di pelabuhan,” ungkapnya.

Zainal menyampaikan, untuk melancarkan pelayanan, pihaknya menurunkan 20 personel yang akan disiagakan di Pelabuhan Tunon Taka.

Sementara itu, General Manager Pelindo Regional 4 Nunukan, Nasib Sihombing mengatakan, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang, pihaknya telah mendekor semeriah mungkin pelabuhan dengan pernak pernik natal sebagai ungkapan menyambut masyarakat Nunukan yang akan pulang ke daerah asal merayakan Natal 2023 yang melalui Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

Baca Juga :  Pindah Domisili Tak Lagi Pakai Surat Pengantar RT

“Sama seperti tahun-tahun lalu, setiap saat mudik lebaran juga kita siapkan yang demikian sesuai tema keagamaan masing-masing,” ujar Nasib.

Sedangkan untuk pengamanannya sendiri, sejumlah personel dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Tunon Taka Nunukan setidaknya menurunkan lima orang personelnya setiap hari untuk memberikan rasa aman kepada para pengguna pelabuhan atau calon penumpang yang akan berangkat dan tiba dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.(*)

Baca Juga :  Satgas Pamtas Gagalkan Penyeludupan Miras di Sei Menggaris

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *