Jelang Libur Natal, Tiket Kapal Pelni Ludes Terjual

benuanta.co.id, TARAKAN – Menjelang hari libur Natal tiket kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) Persero habis terjual.

Plt Kepala PT Pelni Cabang Tarakan, Slamet Gunawan pun mengatakan, habisnya tiket ini karena calon penumpang sudah membeli tiket kapal jauh hari sebelum hari libur Natal tiba melalui website atau aplikasi PT Pelni.

“Sekarang model online. Karena malah lebih rapi dan tidak ada rombongan, penumpukan,” ujar Slamet Gunawan, Senin (4/12/2023).

Bahkan tiket ini sudah ludes terjual pada 1 Desember kemarin. Meski begitu, masyarakat bisa membeli tiket yang tersedia pada tanggal 26 Desember 2024.

Baca Juga :  Dugaan Kecurangan Pemilu, KPU Tunggu Keputusan Bawaslu untuk PSU

Ia juga menjelaskan, tujuan keberangkatan didominasi oleh penumpang yang akan berangkat ke Makassar dan Pare-Pare, kemudian ke arah timur Indonesia yaitu Maumere.

Sedangkan harga tiket ini dibandrol mulai dari Rp 113 ribu untuk dewasa dan Rp 12.600 untuk bayi hingga Rp 725 ribu untuk dewasa dan Rp 75 ribu untuk bayi. Terdapat tiga kapal yang akan berlayar nantinya yaitu dua kapal penumpang dan satu perintis.

“Dua kapal penumpang ada KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang dan kapasitasnya 2.000-an penumpang,” paparnya.

Menurutnya, tahun ini memang berbeda dengan lonjakan penumpang tahun lalu. Dengan adanya pembelian tiket online membuat pembeli tidak lagi berbondong-bondong datang ke Kantor PT Pelni untuk membeli tiket. Ia juga menambahkan pada tahun ini tidak ada penumpang non seat seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Diduga 7 Orang Nyoblos Dua Kali, Bawaslu Tarakan Usul Pemungutan Suara Ulang

“Prediksinya 1.000-an penumpang. Kalau kenaikan kayaknya tidak menumpuk seperti tahun kemarin,” jelasnya.

Salah satu calon penumpang, Rani salah seorang warga Kelurahan Gunung Lingkas Kota Tarakan yang hendak menuju ke Makassar juga mengalami kehabisan tiket untuk berangkat pada 13 Desember mendatang.

“Tadi sudah cek tiket habis semua untuk keberangkatan tanggal 13 Desember mau naik Bukit Siguntang. Tapi sudah full,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kurir Sabu 10 Kg Dituntut Jaksa 18 Tahun Penjara

Senada juga diungkapkan Tiwa, calon penumpang lain yang sudah memantau tiket di website resmi PT Pelni di tanggal 1 Desember 2023 sampai 25 Deseber 2023.

“Habis juga, baik Lambelu dan KM Bukit Siguntang. Rencana mau pesan sebelum tanggal 25 mau Natalan di Samarinda. Tadi saya cek website resminya Pelni. Karena sekarang booking tiket wajib lewat aplikasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *