Tekankan Netralitas ASN, Pemkab Bulungan Berlakukan Pengawasan Internal

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Peringati Hut ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Bupati Kabupaten Bulungan, Syarwani beri atensi kepada seluruh anggota Korpri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait Pemilu Serentak 2024.

Syarwani sapaannya menegaskan jajaran ASN di seluruh Kabupaten Bulungan harus menjunjung tinggi netralitas dan menjaga keamanan Pemilu, serta tidak terlibat langsung dalam Pemilu.

“Undang-undang ASN dan PKPU sudah jelas diatur bahwasannya ASN dilarang terlibat politik dan disini saya menekankan agar ASN Kabupaten Bulungan tetap netral,” kata Syarwani, Sabtu, 2 November 2023.

Baca Juga :  Prediksi Cuaca Ekstrem yang akan Terjadi di Wilayah Kaltara 

Ia menjelaskan, ASN sebagai produk Negara harus mengerti bahwasannya mereka merupakan pengabdi Negara yang bertugas untuk melayani masyarakat dan mengupgrade diri agar bisa melahirkan wawasan baru, ide baru dalam membantu pembangunan daerah.

“Semakin lama kita semakin dituntun untuk melahirkan ide baru untuk pembentukan pelayanan dan pembangunan Daerah yang lebih baik dan cepat,” lanjutnya.

Baca Juga :  Transportasi Darat Tanjung Selor, Tidak Ada Gangguan Lalu Lintas

“Dan disini ASN merupakan garda terdepan, karena ini menyangkut dengan kebutuhan Negara. Sehingga sangat tidak mungkin ASN boleh terlibat dalam politik,” jelasnya.

Dalam mengontrol ASN agar tidak terlibat politik, Syarwani pun membeberkan akan lebih mengetatkan pengawasan internal pemerintah melalui peran OPD.

Dimana hal ini sudah mulai diberlakukan, agar ASN tetap sadar mengenai posisinya dan tetap netral dalam Pemilu.

Baca Juga :  Cair! Polresta Bulungan Terima Hibah Rp 3,6 Miliar untuk Amankan Pilkada 2024

“Baik media sosial dan aktivitas keseharian akan kita awasi selama Pemilu ini. Makanya saya ingatkan agar ASN tetap netral dan tidak berpolitik, bahkan kalau perlu terlibat langsung dalam menjaga keamanan dan netralitas pemilu jika tidak ingin terkena sanksi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *