DLH Nunukan Puji Masyarakat Sadar Buang Sampah

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan mendapatkan Penghargaan Adipura awal tahun 2023. Hal itu sejalan dengan tingkat kesadaran masyarakat membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) mengalami peningkatan secara signifikan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan, Muhammad Irfan Ahmad, pada Senin 4 September 2023.

“Masyarakat kita sudah paham dan membuang sampah ke TPS, hal itu terbukti dengan meningkatnya sampah di TPS,” kata Irfan.

Saat ini volume sampah di Nunukan mengalami peningkatan di TPS, menyikapi masalah itu DLH Nunukan menyiapkan beberapa titik TPS pendukung. Hal itu menunjukkan masyarakat sudah tidak lagi membuang sampah di sungai atau di belakang rumahnya, semua sampahnya diarahkan ke TPS artinya tingkat kesadaran masyarakat semakin bagus.

“Masyarakat kita tidak lagi membuang sampah sembarang tapi mereka membuangnya di TPS yang sudah kita siapkan,” jelasnya.

Ia menambahkan volume sampah tahun ini meningkat dibanding tahun lalu, jika tahun sebelumnya ada di kisaran 13 hingga 15 ton per hari, sekarang volume sampah tahun ini pada kisaran 15 hingga 17 ton per harinya.

“Di Nunukan itu sampah paling banyak pada rumah tangga dan toko yang berjualan kuliner,” tuturnya.(*)

Reporter: Darmawan
Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *