Lima Rekomendasi Film Bertema Nasionalisme pada Momen HUT Ke-78 RI

Jakarta – Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-78 RI, terdapat film-film inspiratif untuk membangkitkan jiwa nasionalisme yang mengisahkan berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia.

Film-film itu mengangkat cerita heroik, semangat gotong royong, dan cinta tanah air yang tak tergoyahkan. ANTARA merangkum beberapa film yang dirilis 10 tahun terakhir yang bisa disaksikan untuk merayakan momen bersejarah Hari Kemerdekaan Indonesia.

1. “Soekarno” (2013)

Film itu menggambarkan perjalanan hidup Soekarno alias Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia, saat berjuang merebut kemerdekaan.
Semangat juang Soekarno sebagai tokoh besar dalam melepas Indonesia dari belenggu penjajahan terlihat begitu nyata dalam film itu.

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo itu menampilkan sederet artis papan atas seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, dan Agus Kuncoro.

2. “Buya Hamka Vol.1” (2023).

Film biografi “Buya Hamka” mengisahkan cendekiwawan muslim bernama Abdul Malik Karim Abdulla atau yang lebih dikenal sebagai Buya Hamka.
Kehidupannya sebagai ulama, sastrawan, dan wartawan yang berpengaruh pada masanya menjadi bagian yang dikisahkan dalam film itu.

Film besutan sutradara Fajar Bustomi itu dibintangi oleh Vino Bastian, Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Desy Ratnasari, dan Ben Kasyafani.

3. “Kartini” (2017)

Mengisahkan perjuangan seorang pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini, yang memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan pada masa kolonial, film “Kartini” memantik semangat kesetaraan dan keadilan.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo itu dibintangi oleh Dian Satsrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, dan Reza Rahardian.

4. “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” (2015)

Sutradara Garin Nugroho mengisahkan perjuangan dan keberanian Tjokroaminoto, pendiri organisasi Budi Utomo yang menjadi tokoh penting dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda, melalui “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”.

“Guru Bangsa: Tjokroaminoto” menampilkan sederet aktor dan aktris ternama, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly, dan budayawan Sujiwo Tedjo.

5. “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” (2018)

Film itu mengangkat kisah Raja Kesultanan Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo yang memerintah pada tahun 1613-1645 untuk berjuang melawan kolonialisme Belanda. Dalam film itu, ditampilkan semangat keberanian dan tekad untuk melindungi Tanah Air dari kecurangan yang dilakukan oleh VOC.

Hanung Bramantyo kembali didapuk menjadi sutradara dalam film yang dibintangi oleh Ario Bayu, Marthino Lio, Adinia Wirasti, Putri Marino, Teuku Rifnu Wikana, dan Hans de Kraker.

Selain memberi hiburan, menyaksikan film-film tersebut juga membangkitkan semangat nasionalisme dalam diri. Mari rayakan hari kemerdekaan dengan menguatkan rasa cinta Tanah Air melalui kisah-kisah penuh inspirasi dari para pahlawan dan tokoh hebat Indonesia.

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *