Pentingnya Menjaga Kesehatan dengan Rajin Cuci Tangan

benuanta.co.id, TARAKAN – Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSUD dr. H Jusuf SK terus melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan. Salah satunya melakukan edukasi di lingkungan RSUD. Dalam hal ini Tim PPI masih konsisten menyampaikan pentingnya pencegahan infeksi virus, masyarakat yang berkunjung ke RSUD dr. H Jusuf SK dengan wajib mencuci tangan.

Mencuci tangan dengan baik dan benar dapat mengurangi penularan infeksi baik dari petugas ke pasien, pasien ke petugas, petugas ke keluarga pasien pun sebaliknya.

Baca Juga :  Tingkatkan Penanganan Pasien, RSUD dr. JSK Gelar Kompetensi Asesmen

“Wajib cuci tangan dengan 6 langkah dengan menggunakan air maupun alkohol,” kata Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSUD dr. H JSK, Jurlina Birro, S. Kep, Ns, M.Kep., Kamis (3/8/2023).

Diuraikannya, aturan cuci tangan yang benar di antaranya, basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir, gosok sabun ke telapak tangan dan punggung tangan serta sela jari, bersihkan bagian bawah kuku, gosok sela-sela jari hingga bersih, gosok ibu jadi secara memutar dan terakhir bilas dengan menggunakan air.

Baca Juga :  Tingkatkan Penanganan Pasien, RSUD dr. JSK Gelar Kompetensi Asesmen

“Rumah sakit Jusuf SK sudah memprogramkan sosialisasi pengendalian infeksi dengan cara demontrasi cuci tangan. Seperti memasang standing banner, menyediakan pamflet yang dapat diakses oleh pasien dan keluarga serta pengunjung rumah sakit,” bebernya.

Ia melanjutkan, dalam hal ini seluruh unsur yang beraktivitas di rumah sakit baik petugas juga diwajibkan cuci tangan. Menurutnya, saat ini masyarakat juga sadar pentingnya cuci tangan selepas adanya virus Covid19.

Baca Juga :  Tingkatkan Penanganan Pasien, RSUD dr. JSK Gelar Kompetensi Asesmen

“Harapannya kami kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan khususnya dalam hal pencegahan infeksi semakin meningkat. Bukan hanya Covid 19 saja,” pungkasnya. (Adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2243 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *