Kenali Faktor Risiko Stroke dari Dokter Syaraf RSUD dr. H Jusuf SK

benuanta.co.id, TARAKAN – Stroke merupakan kondisi kesehatan serius yang terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terganggu, baik karena sumbatan pada pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah.

Dokter spesialis syaraf RSUD dr. H Jusuf SK, dr. Johannes, Sp.N., membeberkan mengapa seseorang dapat terdiagnosis stroke. Dalam dunia medis, stroke terjadi karena sumbatan yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Salah satunya kolestrol yang menjadi plak di pembuluh darah.

“Bayangkan saja seperti pipa rumah sering tersumbat karena pas buang kotoran seperti minyak tidak langsung dibersihkan. Jadinya menyumbat akhirnya alirannya tidak lancar,” jelasnya, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga :  RSUD dr. H. JSK Canangkan Peningkatan Pelayanan Bedah Jantung hingga Stroke Center

Faktor lainnya yakni tekanan darah yang tidak stabil. dr. Jo mengatakan pada faktor ini tak terjadi secara tiba-tiba. Biasanya terdapat cidera awal yang membuat tekanan darah dalam tubuh seseorang naik perlahan-lahan. Sehingga terdapat komplikasi yang serius dan pasien bisa terdiagnosis stroke.

“Sebenarnya tidak hanya satu faktor, lebih sering bergabung menjadi satu semuanya. Pembuluh darah bisa rusak karena tekanan itu, lalu masuk lagi sumbatan seperti kolesterol,” tambahnya.

Baca Juga :  Terus Programkan Kompetensi bagi Perawat dan Bidan

Selain kolestrol dan tekanan darah, diabetes atau riwayat gula dengan kadar yang tinggi juga menjadi salah satu pemicu. Komplikasi yang ditimbulkan dari kolestrol, tekanan darah tinggi dan diabetes dapat menyumbat pembuluh darah berakibat pada stroke.

“Intinya komponen plaknya salah satunya. Meskipun gula rendah, tapi kolesterolnya tinggi. Itu bisa terdiagnosis stroke,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  RSUD dr. H. JSK Canangkan Peningkatan Pelayanan Bedah Jantung hingga Stroke Center

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *