RSUD dr. H. JSK Satu-satunya Rumah Sakit yang Miliki Poli Onkologi

benuanta.co.id, TARAKAN – RSUD dr. H. Jusuf SK membuka poli onkologi baru khusus hematologi onkologi medik. Dengan penambahan ini, RSUD dr. H. JSK sudah memiliki 2 poli onkologi yakni untuk bedah onkologi dan hematologi onkologi.

Dokter spesialis hematologi onkologi RSUD dr. H JSK, dr. NP. Merlynda Pusvita Dewi, Sp. PD., KHOM. FINASIM., mengatakan, RSUD dr. H JSK adalah satu-satunya rumah sakit di Kaltara yang mampu menangani pasien kanker.

Dalam poli onkologi terdapat dua dokter, yakni satu dokter spesialis bedah untuk bedah onkologi dan satu dokter penyakit dalam sub spesialis hematologi onkologi medik. Adapun onkologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang tumor atau kanker.

“Jadi tidak hanya mempelajari tentang tumor atau kanker, hematologi juga mempelajari kelainan darah. Kalau bedah onkologi kalau tidak salah sudah 2021. Sedangkan hematologi ini baru Maret 2024 kemarin,” jelasnya, Kamis (13/6/2024).

Ia melanjutkan, sebelum dibuka untuk poli hematologi onkologi medik, penanganan kelainan darah ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam. Tetapi, tidak seluruhnya penyakit kelainan darah dapat ditangani oleh dokter penyakit dalam.

“Kalau selama ini sewaktu saya masih di penyakit dalam banyak sekali pasien dengan kelainan darah. Tapi saat sejak dibukanya hematologi onkologi ini pasien kanker masih sedikit (pasiennya). Karena mungkin masih bingung membedakan bedah onkologi atau hematologi onkologi,” lanjutnya.

Untuk hematologi onkologi medik sendiri, juga dapat melayani semua jenis kanker, baik kanker darah maupun tumor padat (solid tumor). Selain itu, poli hematologi onkologi dan bedah onkologi bekerja sama menjadi satu tim untuk melayani pasien-pasien kanker di Kaltara.

“Jadi pasien jangan bingung lagi membedakan. Karena kami bekerja dalam satu tim,” tambahnya.

Diketahui, pelayanan dari poli onkologi juga dibuka dua Minggu sekali khusus untuk hematologi onkologi medik.

“Kalau saya Senin, Selasa, Rabu memang dua Minggu sekali dalam satu bulan. Dari satu provinsi Kaltara ini juga baru RSUD dr H JSK. Bangga kita, karena tidak perlu merujuk pasien lagi,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *