Poli Onkologi di RSUD dr. H Jusuf SK Tercover BPJS Kesehatan

benuanta.co.id, TARAKAN – Penanganan pada Poli Onkologi di RSUD dr. H Jusuf SK sudah dapat melayani pasien BPJS Kesehatan. Diketahui, Poli Onkologi khusus hematologi onkologi medik baru saja dibuka. Dengan penambahan ini, RSUD dr H Jusuf SK sudah memiliki 2 poli onkologi yakni untuk bedah onkologi dan hematologi onkologi.

Dokter spesialis hematologi onkologi RSUD dr. H JSK, dr. NP. Merlynda Pusvita Dewi, Sp. PD., KHOM. FINASIM., mengatakan, pelayanan pada Poli Onkologi sudah dapat menggunakan BPJS. Hanya saja untuk layanan kemoterapi khusus hematologi onkologi medik, masih dalam proses peralihan ke BPJS.

“Kita sedang menunggu dari pihak BPJS untuk membuka layanan kemoterapi,” katanya, Rabu (19/6/2024).

Ia melanjutkan, sebelum adanya penanganan khusus hematologi onkologi, pasien lebih banyak dirujuk ke rumah sakit luar daerah. Seperti, Samarinda, Balikpapan, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

“Yang terdekat ada di Samarinda dan Balikpapan. Tapi kita kembalikan lagi ke pasien, mereka secara dana mungkin lebih tahu karena Tarakan ini kan pulau ya dan kalau keluar daerah transportasinya yang susah,” lanjutnya.

Dalam penanganan hematologi medik ini terdapat dokter spesialis yang memang khusus menangani keseluruhan jenis tumor dan kanker kendati ganas sekalipun.

“Kalau untuk ke depan untuk menambah spesialis onkologi itu ya sumber daya nya masih ada yang sekolah. Tapi bukan onkologi,” tambahnya.

Ia bersyukur, dengan adanya penambahan poli onkologi baru ini menjadi satu-satunya rumah sakit di Kaltara yang mampu menangani pasien kanker. Sehingga pihaknya tak perlu lagi merujuk pasien ke luar daerah.

“Bangga kita karena sudah bisa melayani pasien Onkologi. Karena untuk merujuk pasien butuh biaya mereka, memang BPJS. Tapi kesehariannya di sana pasti ada kebutuhan,” tutupnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2631 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *