Peringati World MS Day, RSUD dr. H Jusuf SK Imbau Pola Hidup Sehat

benuanta.co.id, TARAKAN – Memperingati World MS (Multiple Sclerosis) Day, dokter spesialis saraf RSUD dr. H Jusuf SK mengimbau masyarakat agar memperhatikan pola hidup sehat.

Multiple Sclerosis atau Sclerosis Ganda sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan kronik pada sistem saraf. Kerusakan tersebut terjadi lantaran adanya beberapa faktor yang saling mendukung.

Diuraikan Dokter Spesialis Saraf RSUD dr. H Jusuf SK, yakni dr. Johannes, Sp.N., faktor dari penyakit tersebut seperti genetik, lingkungan, makanan, pola hidup sehat dan infeksi virus.

“Cenderung banyak terjadi di Eropa, di Indonesia tidak terlalu banyak,” sebut dr. Jhonnes, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga :  Poli Onkologi di RSUD dr. H Jusuf SK Tercover BPJS Kesehatan

Ia melanjutkan, pada faktor lingkungan, pasien yang didiagnosa penyakit ini kurang terpapar sinar matahari dan kebiasaan merokok. Selain itu, mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kolestrol dan kurang asupan vitamin D.

“Faktor tersebut bergabung, sehingga menyebabkan penyakit Multiple Sclerosis,” lanjutnya.

Penyakit ini juga lebih banyak menyerang usia muda berkisar 20 hingga 30 tahun yang didominasi kalangan wanita. Penyakit ini, dikatakan dokter Jhonnes, jarang terjadi di Indonesia. Lantaran diagnosis penyakit ini cukup sulit dikarenakan beberapa gejala yang tidak khas.  Selain itu, pemeriksaan kasus penyakit ini juga membutuhkan MRI.

Baca Juga :  Kenali Faktor Risiko Stroke dari Dokter Syaraf RSUD dr. H Jusuf SK

“Paling sering biasanya gejala penglihatan kabur secara mendadak, kesemutan separuh badan, nyeri kepala dan sebagainya,” sambungnya.

Multiple Sclerosis yang diperingati oleh dunia ini menjadi perhatian tersendiri di dunia medis, karena obat untuk penyembuhan penyakit ini belum ditemukan. Saat ini hanya terdapat obat Imunomodulator yang bertujuan mengatur imun tubuh agar tidak menyerang sel saraf.

Dalam peringatan Hari Multiple Sclerosis ini, ia mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Seperti menghindari merokok, beraktivitas dengan paparan sinar matahari pagi dan sore serta mengkonsumsi makanan dengan vitamin D.

Baca Juga :  Kenali Faktor Risiko Stroke dari Dokter Syaraf RSUD dr. H Jusuf SK

“Protein hewani juga diperlukan. Kami menyampaikan agar bisa menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga juga,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *