RSUD dr. H Jusuf SK Tingkatkan Layanan Penanganan Kanker ke Pasien

benuanta.co.id, TARAKAN – RSUD dr. H Jusuf SK terus meningkatkan pengembangan pelayanan kesehatan bagi pasien. Terlebih, RSUD dr H Jusuf SK menjadi jejaring dari Kementerian Kesehatan yang mana terdapat 10 program nasional, salah satunya layanan kanker.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr. H. Jusuf SK, dr. Ronald, Sp.An-TI, FCTA, mengatakan, penanganan pasien kanker selain kemoterapi, diperlukan juga penanganan nyeri.

“Nyerinya bisa hebat sekali pada pasien kanker ini, sehingga harus ditangani” katanya, Selasa (9/7/2024).

Dilanjutkan dr. Ronald, selain meredakan nyeri, penanganan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan pasien. Program pelayanan nyeri pada kanker, RSUD dr. H Jusuf SK mendapatkan pengampuan dari Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, Yogyakarta.

“Kita sudah beberapa kali zoom juga sebelumnya. Pada hari ini mereka datang langsung ke sini untuk proctorship penanganan nyeri pada pasien kanker ke RS kita, sekaligus untuk melihat juga bagaimana penanganan nyeri pada pasien kanker di sini seperti apa,” lanjutnya.

Adapun penanganan nyeri ini sudah berjalan di RSUD dr. H Jusuf SK.

“Proctoship penanganan nyeri ini bukan hanya dokternya saja, tapi perawatnya juga, farmasi, rehabilitasi medik juga. Jadi secara menyeluruh, sehingga nanti ada tim untuk penanganan nyeri pada pasien kanker,” tutur dr. Ronald.

Sekadar informasi, RSUD dr. H Jusuf SK kini sudah ada konsultan bedah onkologi dan konsultan hematologi onkologi.

“Harapannya pasien kanker di wilayah kaltara bisa ditangani di RSUD dr H Jusuf SK, jadi tidak perlu dirujuk keluar Tarakan.” pungkasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2635 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *