Tingkatkan Penanganan Pasien, RSUD dr. JSK Gelar Kompetensi Asesmen

benuanta.co.id, TARAKAN – RSUD dr. H Jusuf SK menggelar Asesmen Kompetensi Klinik Perawat dan Bidan yang berlangsung pada Senin, 1 Juli 2024.

Tujuannya, untuk memberikan penghargaan dan pengakuan profesional kepada perawat dan bidan yang telah mencapai level kompetensi yang dipersyaratkan.

Ketua Panitia Pelaksana Asesmen, Sardi Muhammad menjelaskan asesmen ini dilakukan untuk memberikan kepercayaan ke masyarakat bahwa perawat dan bidan di RSUD dr. H JSK dapat bekerja sesuai standar kompetensi.

Baca Juga :  Tanpa Rujuk ke Luar Daerah, Penyakit Dalam Mampu Ditangani RSUD dr. H Jusuf SK

Nantinya, dalam asesmen ini terdapat level kompetensi dalam bentuk ujian tulis, uji observasi dan uji lisan.

“Kita pelaksanaanya ada 2 gelombang, dari 13 Juni sampai 29 Juli 2024. Karena kita mulai pelaksanaan itu dari sosialisasi, pendaftaran, pra asesmen, pelaksanaan, pengumuman, remedial dan pemberian sertifikat kompeten,” jelasnya, Senin (1/7/2024).

Adapun asesmen kompetensi ini diikuti oleh 164 asesi yang terdiri dari perawat dan bidan RSUD dr. H JSK. Dalam kompetensi asesmen ini, pihaknya menekankan skill, knowledge dan attitude dari perawat dan bidan.

Baca Juga :  Tanpa Rujuk ke Luar Daerah, Penyakit Dalam Mampu Ditangani RSUD dr. H Jusuf SK

“Kalau uji lisan kita mau lihat pengetahuan (knowledge), kalau uji observasi kita lihat kemampuannya (skill) yang berkaitan dengan tindakan-tindakan sesuai levelnya,” imbuhnya.

Dalam kompetensi asesmen ini, juga bertujuan untuk menjamin keamanan yang diberikan dalam pelayanan ke masyarakat. Program kompetensi asesmen ini juga menjadi program rutin untuk meningkatkan keahlian perawat dan bidan dalam menangani pasien maupun masyarakat.

Baca Juga :  Tanpa Rujuk ke Luar Daerah, Penyakit Dalam Mampu Ditangani RSUD dr. H Jusuf SK

“Kalau hari ini pra asesmen, ada penandatanganan bukti-bukti yang dibawa oleh asesi. Besok baru ujian, ada uji tulis, uji lisan di tanggal 3 Juli nanti,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2656 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *