ASN Kaltara Harus Miliki 3 Hal: Smart, Agile dan Empathy

benuanta.co.id, Bulungan – Tindaklanjut dari Rapat Koordinasi se-Wilayah Kerja Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banjarmasin yang lalu, tentang bagaimana meningkatkan pemahaman bagi semua Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang kebijakan dan pengelolaan kepegawaian.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pun berupaya untuk mewujudkan sistem merit pada birokrasi pemerintahan yang nantinya dilaksanakan oleh setiap ASN.

“Sesuai tema kemarin itu bagaimana melahirkan ASN yang Smart, Agile dan Empathy di Provinsi Kaltara,” ucap Plt Kepala BKD Kaltara, Andi Amriampa kepada benuanta.co.id, Selasa, 18 Juli 2023.

Dia menjelaskan ASN Kaltara harus Smart atau memiliki pola pikir yang baik, dimana smart ini tidak hanya dalam artian kompetensi berpikir namun juga menurun menjadi aksi. Sehingga tidak hanya berhenti pada tataran konseptual, tataran ide gagasan, tetapi juga pada tataran kebijakan dan implementasinya.

Selanjutnya ASN itu harus agile atau lincah, tidak hanya dalam sumber daya manusia (SDM)-nya tapi ditempatnya bekerja atau dalam organisasi.

“Jadi tantangannya ke depan ini tantangan era globalisasi, bagaimana ASN ini bisa lincah bisa Smart,” terangnya.

Kemudian hal lainnya yang harus dimiliki ASN di Kaltara adalah Empathy yang artinya ASN bekerja dan melayani untuk masyarakat.

“Harus punya empati untuk bangsa dan negara serta ASN sebagai pelayan publik itu yang harus dilahirkan,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *