TP-PKK Beri Motivasi dalam Giata PPM-KU

SEKATAK – Memberikan bimbingan dan motivasi merupakan salah satu tugas Ketua TP-PKK. Hal ini diwujudkan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Hj. Rachmawati Zainal, S.H diantaranya menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pendidikan yang diinisiasi oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Sekatak Kota Tarakan (PPMS-KT).

Dalam sosialisasi yang mengusung tema peran lingkungan keluarga dan sekolah dalam meningkatkan minat dan semangat belajar anak di era digitalisasi ini dihadiri oleh Sekcam Sekatak, Unsur Forkopimcab, tokoh adat dan masyarakat, tenaga pendidik, mahasiswa tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, serta kelompok mahasiswa KKN angkatan 19 Universitas Borneo Tarakan.

Baca Juga :  BKPRMI Diharapkan Dorong Sinergitas Bersama Membangun Kaltara

Pada sosialisasi yang digelar di Balai Urusan Adat (BUA) Desa Kelembunan ini, Rachmawati menyampaikan materi tentang peran orang tua dalam proses pendampingan pembelajaran kepada anak dan tentang motivasi.

Baginya, orang tua mempunyai peranan penting, karena menjadi lembaga pendidikan pertama dan utama pribadi anak.

“Keikutsertaan orang tua dalam segala aktivitas anak akan membantu orang tua dalam memahami karakter anak dan kenyamanan bagi anak,” katanya.

Baca Juga :  Ini 3 Arahan Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat

Ia mengingatkan, peran orang tua ini dan lingkungan adalah kunci kesuksesan anak. Peranan orang tua diantaranya adalah sebagai teladan, motivator, dan pengawasan.

“Beri contoh yang baik dihadapan anak, karena anak melihat dan meniru kebiasaan yang kita lakukan,” pesannya, Selasa (18/7).

Beberapa contoh praktis ia berikan kepada peserta yang hadir, terkhusus kepada orang tua dan pengajar. Contoh bagaimana ia melakukan pendekatan kepada anak-anaknya ketika menanyakan tentang cita-cita.

Sejak dini, ia membantu mengarahkan anak-anaknya mewujudkan cita-cita mereka. Baginya, orang tua tidak boleh memaksakan anak untuk mengikuti apa yang menjadi keinginan orang tua hanya karena tuntutan lingkungan atau gengsi semata.

Baca Juga :  PWRI Diharap Berkontribusi bagi Pembangunan Kaltara

Ia mengajak para orang tua untuk memberikan dukungan terhadap bidang yang diminati anak. Dukungan ini nantinya dapat menjadi motivasi dan landasan bagi anak untuk bertanggung jawab atas pilihan yang putuskan. (dkisp)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2658 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *