KPU Bulungan Bentuk TPS Wilayah Marjinal

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pada rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum (Pemilu) 2024, tempat pemungutan suara (TPS) tidak ada perubahan data. Jumlahnya masih sama ketika awal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan melakukan pendataan yakni sebanyak 484 TPS.

Dalam perjalanannya, KPU Bulungan menemukan adanya TPS ekstrem yakni TPS baru yang tidak ada di pemilu 2019 maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.

“Dulunya TPS ini ada di desa induk yang jaraknya desa dengan TPS mereka sangat jauh perjalanan hingga 3 jam. Untuk itu kami buatkan TPS di tempat mereka, khususnya pemilih marjinal,” ucap Ketua KPU Bulungan Lili Suryani kepada benuanta.co.id, Kamis, 22 Juni 2023.

Dia mengatakan TPS ekstrem di Bulungan ada 2 yakni di Punan Gunung Benau Desa Sajau Metun Kecamatan Tanjung Palas Timur dan di Pulau Tundun Kecamatan Tanjung Palas Tengah.

Di Gunung Benau, Lili sebutkan akan dibentuk 1 TPS di mana pemilih di wilayah tersebut ada 75 orang, begitu juga di Pulau Tundun pemiliknya ada sekitar 50 orang.

“Pulau Tundun ini di depannya Pulau Tias, cuma jaraknya jauh ke Tias meraka harus naik perahu, makanya kita akan bentuk disana 1 TPS,” jelasnya.

Lili mengatakan untuk TPS wilayah ekstrem akan diberikan perhatian lebih karena memiliki jarak yang jauh, sehingga persoalan logistik harus benar-benar matang.

“Khusus di Benau untuk penyelenggaranya nanti atau KPPS-nya kita akan pakai orang disana yang bisa membaca dan menulus dan dibekap oleh KPPS dari desa induk,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *