Harga Daging Sapi dan Ayam di Bulungan Mulai Naik Jelang Idul Adha

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Jelang hari raya Idul Adha tahun 2023, harga daging sapi di Kabupaten Bulungan mulai mengalami kenaikan yang cukup drastis.

Berdasarkan pantauan benuanta.co.id, di pasar Induk Tanjung Selor, harga daging sapi saat ini berkisar Rp 175 ribu per kilogram sedangkan daging ayam Rp 55 ribu per kilogram.

Uli (35) salah satu pedagang daging sapi dan ayam mengatakan, harga daging sapi diperkirakan akan terus naik hingga H-3 lebaran Idul Adha dengan harga mencapai Rp 180 ribu per kilogram.

“Sekarang saja jelang Idul Adha Rp 175 ribu per kg, kalau hari normal itu Rp 160 ribu sampai Rp 165 ribu per kg,” ucapnya.

“Ayam sekarang Rp 55 ribu, Minggu lalu itu sempat Rp 60 ribu per kg. Kalau hari biasa Rp 40 ribu tapi harga ayam ini mungkin juga akan naik lagi nanti,” ujarnya.

Faktor kenaikan harga daging sapi, kata Uli, karena harga sapi di peternakan yang melambung tinggi.

Jika biasanya ia membali sapi ukuran sedang senilai Rp 12 juta, namun sekarang sudah tembus di angka Rp 17 juta. Begitu juga sapi yang ukuran besar dari Rp 20 juta, kini mencapai Rp 28 juta.

“Sapi ini kita datangkan dari sini saja (Tanjung Selor),”ungkapnya.

Mahalnya daging sapi ini turut mempengaruhi daya beli masyarakat yang menurun. “Sekarang sapi mahal, kalau saya lihat juga untuk kurban tahun ini kayanya sedikit kurang, karena memang harga sapi mahal. Tulang sapi saja Rp 120 per kg,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *