ASN Kaltara Dituntut Miliki Skill Sesuai Permenpan RB Nomor 1 Tahun 2023

benuanta.co.id, BULUNGAN – Puluhan Aparatur Sipil Negara yang menduduki jabatan fungsional mengikuti kegiatan workshop pembinaan jabatan fungsional terhadap implementasi Permenpan RB Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional.

Kegiatan tersebut terlaksana atas inisiasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemprov Kaltara, Pollymart Sijabat mengatakan melalui workshop ini, hal-hal yang diatur dalam Permenpan RB tentang jabatan fungsional tersebut dapat dipahami bersama dan dapat dilaksanakan dengan baik.

“Ini sebagai salah satu upaya kita untuk melaksanakan kebijakan manajemen kepegawaian serta melakukan pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional di

Baca Juga :  Jumlah Ideal ASN di Kaltara Mencapai 7 Ribu Orang

lingkungan Pemprov Kaltara,” ucapnya, Kamis, 15 Juni 2023.

Hal itu harus dilakukan secara terstruktur, sistematis dan berkesinambungan sehingga mampu memberikan kinerja yang optimal dalam mewujudkan Provinsi Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera.

Kata dia, secara normatif pengembangan dan penguatan jabatan fungsional telah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Bentuk konkretnya, sampai dengan saat ini tidak kurang dari 260 jenis jabatan fungsional telah ditetapkan oleh Kemenpan RB,” sebutnya.

Baca Juga :  Organisasi Perangkat Daerah Didorong Lakukan Penataan Kembali Pegawai Non ASN

Pollymart menjelaskan penetapan jabatan fungsional ini dilakukan agar jabatan fungsional dapat menjadi pilihan karier yang prospektif bagi pengembangan karier PNS, agar PNS dapat bekerja secara terorganisir, kolaboratif serta lebih produktif.

“Dengan adanya penyederhanaan struktur birokrasi dan penyetaraan jabatan, jumlah dan jenis jabatan fungsional tentu semakin bertambah,” ujarnya.

Dia menuturkan kondisi ini juga semakin mempertegas peran dan fungsi sentral jabatan fungsional tersebut di semua lini organisasi perangkat daerah.

“Hal ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi kita dalam rangka pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional kedepannya di lingkungan Pemprov Kaltara,” paparnya.

Baca Juga :  Organisasi Perangkat Daerah Didorong Lakukan Penataan Kembali Pegawai Non ASN

Pollymart menambahkan melalui kegiatan tersebut, Pemprov Kaltara bisa memiliki pejabat fungsional dengan skill dan motivasi yang tinggi, memiliki inisiatif serta selalu memperbaiki diri untuk mewujudkan terselenggaranya pemerintahan yang baik. (adv)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2874 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *