Universitas Borneo Tarakan Buka Fakultas Kedokteran Tahun Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Universitas Borneo Tarakan (UBT) tahun ini akan membuka fakultas baru dan satu-satunya di Kalimantan Utara yaitu fakultas kedokteran pada penerimaan mahasiswa baru Tahun 2023.

Rektor UBT, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si membenarkan hal tersebut. Persiapan pembukaan fakultas baru yang telah dirancang sebelumnya akan terealisasikan pada tahun ini.

“Kemarin dulu saya sudah ke Banjarmasin, Alhamdulillah Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sudah memberikan saya rekomendasi dan memberikan dua orang dokter yang memang dibutuhkan itu syarat yang paling terakhir,” kata Prof. Adri Patton, Rabu (17/5/2023)

Ia juga menjelaskan besok lusa akan data dalam bentuk PDF akan diupload untuk memenuhi persyaratan pembangunan gedung fakultas kedokteran. Pembukaan fakultas kedokteran di UBT merupakan tugas dari pemerintah pusat.

Penerimaan mahasiswa fakultas kedokteran telah diumumkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia di mana akan dibuka pada penerimaan mahasiswa tahun ini.

“Pak menteri saja sudah bicara bahwa fakultas kedokteran tahun ini akan dibuka di UBT dan akan menerima mahasiswa baru dulu kan sudah dimasukkan di media kita tunggu hingga sekarang,” tegasnya.

Disinggung mengenai prioritas putra-putri daerah sebagai mahasiswa fakultas kedokteran ia menyampaikan penerimaan mahasiswa hanya satu kelas dengan 40 jumlah siswa.

“Pak gubernur sudah menyampaikan untuk penerimaan dokter-dokter yang nanti ada, 25 orang ini akan diutamakan dari Kaltara 4 Kabupaten dan 1 Kota dan 15nya kita minta dari nasional,” jelasnya.

Saat ini segala persiapan masih dilakukan oleh prof Adri Patton seperti perlengkapan persyaratan, menyiapkan borang-borang serta persiapan sarana dan prasarana pun telah di persiapkan.

“Kita masih banyak menyiapkan borang, persyaratan-persyaratan. Makanya saya bilang persyaratan terakhir dua dokter sudah saya dapat dari Banjarmasin dua hari akan dikirim PDF ke saya dan akan di upload. Sarana dan prasarana tidak ada masalah bisa lihat disini, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) sudah ada dan bangunannya (Fakultas kedokteran) sudah mau dibangun,” tutupnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2043 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *