Penerima Beasiswa Kaltara Unggul Dominan dari Jalur Warga Kurang Mampu

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara mencatat ribuan pelajar berbagai jenjang menerima Beasiswa Kaltara unggul tahun 2023.

Kepala Disdikbud Kaltara Henri Teguh Sutanto menuturkan, pada tahun 2023 sekitar 2.134 pelajar sekolah menerima Beasiswa Kaltara unggul.

“Untuk pelajar SD ada sekitar 355, untuk pelajar SMP ada 348 penerima, untuk pelajar SMA ada 891, untuk pelajar SMK ada 466 dan untuk pelajar SLB ada 74,” kata pria yang akrab disapa Teguh pada Kamis, 18 Januari 2024.

Baca Juga :  Perjuangan Guru Honorer Jadi PPPK, Gaji Rp 400 Ribu Kini Rp 4 Jutaan

Ia mengungkapkan dari data itu, mayoritas Pelajar di Kaltara mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa bagi yang tidak mampu. Dari total 2.134 penerima tercatat sekitar 1.779 penerima tidak mampu dan 355 penerima dari jalur prestasi.

“Kita tidak mempersoalkan dari jalur mana para pelajar mendaftar, intinya beasiswa ini memang kita peruntukan bagi mereka yang tidak mampu dan bagi mereka yang berprestasi,” ujarnya.

Baca Juga :  Turunkan Stunting di Kaltara Perlu Harmonisasi hingga Sinkronisasi yang Kuat

Selama prosesnya, Henri mengaku memang ada banyak kendala dari proses pencarian Beasiswa Kaltara unggul ini, termasuk adanya rekening fiktif.

Namun Henri menegaskan kalau persoalan itu bisa diselesaikan dengan mengaktifkan kembali rekening yang bersangkutan.

“Kebanyakan memang penerima ini baru memiliki rekening karena ingin mendapatkan beasiswa dan hal itu kita maklumi karena mereka masih pelajar,” ucapnya.

Baca Juga :  Perjuangan Guru Honorer Jadi PPPK, Gaji Rp 400 Ribu Kini Rp 4 Jutaan

“Beasiswa mereka kita tahan sampai rekening mereka aktif kembali dan alhamdulillah semua yang memperbaiki rekeningnya sudah kita cairkan beasiswanya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2944 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *