Satlantas Tegur Sejumlah Sopir Truk Barang yang Mengangkut Orang

benuanta.co.id, TARAKAN – Dianggap membahayakan keselamatan pengguna jalan maupun para penumpang, petugas dari Satlantas Polres Tarakan melakukan peneguran terhadap sejumlah pengemudi truk yang mengangkut penumpang di atas bak bermuatan barang.

Usai mengelar pengamanan lalu lintas pada Selasa (16/5/2023) pagi, anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tarakan menemukan kendaraan yang sedang memuat barang di Jalan Yos Sudarso daerah Jembatan Besi. Kendaraan tersebut disinyalir membawa muatan berlebih dan juga mengangkut penumpang di atas muatan.

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Tarakan, AKP Rully Zuldh Fermana melalui Kepala Unit (Kanit) Patroli dan Pengawal (Patwal) IPDA Ansar mengimbau sopir truk agar tidak memuat barang secara berlebihan dan tidak membawa buruh di atas bak truk yang sedang membawa muatan.

Baca Juga :  Median Jalan Jenderal Sudirman Dipercantik

Hal tersebut dinilai berbahaya. Ansar menuturkan, buruh sempat berargumen dengan petugas, namun peneguran dan arahan yang disampaikan bertujuan untuk keselamatan pengguna truk maupun pengguna jalan. Selain itu, Ansar menawarkan solusi agar buruh tidak menumpang di atas truk.

“Jadi saya sarankan agar barang-barang diikat dengan sedemikian rupa,” singkatnya.

Sosialisasi mengenai keselamatan pengemudi dan pengendara akan tetap digalakkan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tarakan. Banyak sopir sering meremehkan imbauan petugas dengan alasan jarak pengiriman barang hanyalah dekat.

Baca Juga :  Terdakwa Sabu 5 Kg Dituntut Jaksa 17 Tahun Penjara

“Ingat keselamatan orang lain, dalam mencari rezeki, kita perlu menjaga keselamatan diri sendiri maupun keselamatan orang lain. jangan angkut buruh di atas kendaraan, jika terjadi kecelakaan pengemudi yang akan bertanggung jawab,” tegasnya.

Ansar tidak melakukan penindakan, melainkan hanya peneguran kepada pengemudi dan juga buruh. Hal tersebut merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, tindakan tegas dikesampingkan.

“Kalau sudah berapa kali tidak mau ditegur, saya lakukan penilangan, teguran tersebut mendapat respons positif dari buruh maupun pengemudi, mereka malah berterima kasih karena telah diingatkan,” ucapnya.

Baca Juga :  Miliki Tingkat Keamanan Tinggi, Imigrasi Tarakan Diberikan Target Pengguna E-Paspor

Sebanyak 2 kendaraan yang dilakukan peneguran. Ansar pun diujung wawancara awak media berpamitan karena setelah ini ia akan bertugas sebagai Kasat Lantas Polres Malinau.(*)

Reporter: Okta Balang

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2635 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *