Jumlah Wisatawan di Kaltara Alami Peningkatan Kunjungan di Hari Libur

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Sepanjang tahun 2023 tingkat kunjungan wisatawan diberbagai destinasi wisata yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) alami peningkatan yang sangat signifikan.

Hal ini tak terlepas dari upaya para pengelola destinasi wisata dalam membuat peningkatan sarana dan prasarana menjadi lebih baik. Seperti peningkatan sarana dan prasarana hingga upaya dalam membentuk desa wisata.

Hal ini diakui juga oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara Njau Anau yang mengatakan kalau sepanjang tahun 2023 peningkatan kunjungan wisatawan terjadi dengan sangat signifikan, khususnya di hari libur.

Baca Juga :  Dispar Minta Pemda Kembangkan Produk Unggulan

“Patokan kita dapat dilihat dari destinasi wisata terjauh seperti desa wisata Setulang Kabupaten Malinau dan Desa wisata Mangkupadi Kabupaten Bulungan yang saat libur lebaran kemarin dikunjungi hingga 3 ribuan orang,” kata Njau Anau pada Senin, 15 Oktober 2023.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ini diakui oleh Njau Anau, merupakan angin segar bagi pariwisata Kaltara. Di mana destinasi wisata yang ada di Kaltara saat ini diakui sebagai destinasi wisata yang sangat baik.

“Jika yang jauh saja banyak dikunjungi oleh wisatawan, apalagi yang dekat seperti yang ada di Kota Tarakan. Artinya memang destinasi wisata kita di Kaltara ini cukup menarik perhatian wisatawan,” ujarnya.

Baca Juga :  Dispar Minta Pemda Kembangkan Produk Unggulan

Ia juga membeberkan meningkatnya SDM dalam pengelolaan destinasi wisata ini cukup mempengaruhi kunjungan wisatawan. Di mana pengelolaan destinasi wisata yang baik, ternyata membuat kunjungan wisatawan juga turut meningkat.

“Saat ini Desa wisata kita di Kaltara baru ada dua Desa yakni Desa Pulau Sapi Malinau dan Desa Mangkupadi Bulungan. Sedangkan Desa-desa lain seperti Pimping dan Setulang itu baru proses pembentukan,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Dispar Minta Pemda Kembangkan Produk Unggulan

“Namun karena adanya syarat-syarat yang harus terpenuhi dalam desa wisata ini, ternyata membuat destinasi wisata kita juga menjadi lebih baik dalam hal pengelolaan, keamanan, sarana dan prasarana hingga kebersihan. Sehingga dapat saya katakan, hal ini juga mempengaruhi kunjungan wisatawan kita,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2526 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *