26 Juni PPDB SMA-SMK Buka Pendaftaran

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMK tahun ajaran 2023/2024 akan dibuka tanggal 26 Juni hingga 5 Juli 2023 mendatang.

Hal tersebut dikatakan ketua panitia PPDB H. Sudarsono. Yang mana proses pendaftaran dilaksanakan secara daring atau luring oleh panitia PPDB sekolah di bawah koordinasi panitia PPDB provinsi.

Sebelumnya, Panitia PPDB dari tingkat provinsi hingga sekolah akan mengawali dengan penyampaian pengumuman serta sosialisasi kepada masyarakat pada bulan ini. Termasuk juga simulasi PPDB daring oleh calon peserta didik.

Baca Juga :  Sambangi Wisata Tarakan, Dispar Kaltara Harap Bisa Dikelola Maksimal

Ia memaparkan, PPBD SMK tahun ini akan disertai dengan wawancara secara luring kepada calon peserta. Tahap ini akan menentukan peluang calon peserta untuk duduk di bangku jurusan yang diinginkan.

“Di samping bobot nilai, perlu untuk mengetahui apakah anak itu mempunyai bakat keahlian dan spesifikasi di kompetensi jurusan tertentu. Sehingga kita akan mengadakan sejenis wawancara kepada mereka,” jelasnya, Selasa (9/5) saat di konfirmasi via telepon.

Sementara itu, ada beberapa kategori pada PPDB SMA, yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi. Sedangkan kategori pada PPDB SMK yakni jalur keluarga miskin (gakin), reguler dan domisili terdekat.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Tambah Rombel Sejumlah Sekolah di Tarakan

“Pendaftaran untuk kategori afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi pada SMA dan kategori afirmasi dan domisili terdekat pada SMK dibuka tanggal 27 Juni sampai 1 Juli 2023,” ujarnya.

Lanjut dia, pendaftaran PPDB akan ditutup pada tanggal 5 Juli 2023 pada pukul 12.00 Wita. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi berkas PPDB oleh masing-masing satuan pendidikan pada tanggal 5 Juli 2023 pukul 12.01 Wita.

“Pengumuman jurnal akhir PPDB diumumkan tanggal 8 Juli pada laman PPDB. Kemudian pengumuman hasil seleksi juga pada tanggal 8 Juli pada laman PPDB dan sekolah-sekolah. Sehingga masyarakat bisa segera mengetahui hasil verifikasi yang dilaksanakan pada SMA atau SMK,” ujarnya lagi.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Optimis Setiap Desa Bisa Meraih Penghargaan Ajang ADWI

Adapun, tahap selanjutnya adalah verifikasi berkas dan daftar ulang pada tanggal 10 sampai 14 Juli 2023. Lokasinya berada di satuan pendidikan masing-masing.

Kemudian, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 21 Juli 2023. Lokasi pelaksanaan berada di masing-masing satuan pendidikan.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *